Sosialisasi dan pengenalan digital marketing pada UMKM Dapur Rayhan sebagai penunjang kegiatan pemasaran

Julia Labibazka Misly, Wirasmi Wardhani, Tiara Putri, Halizah Fitria Maharani, Rahul Syam, Miftah Rahmawati

Abstract


Pertumbuhan UMKM kini mengalami peningkatan cukup pesat yang dapat berdampak pada beberapa perubahan seperti pertumbuhan teknologi pada sistem transaksi penjualan. Salah satu bentuk dari kemajuan dampak teknologi yaitu pembaharuan sistem pembayaran dengan penggunaan financial technology atau uang elektronik. Beberapa UMKM di Indonesia saat ini terkena pada dampak tersebut yang dimana era sekarang semua serba internet dan gadget. Saat ini sistem cashless sudah menyebar di kalangan UMKM, salah satunya penggunaan QRIS. QRIS merupakan inovasi terbaru dalam digital payment yang telah dinisiasi oleh Bank Indonesia dalam memberikan suatu kemudahan dalam bertransaksi dimana pun dan kapan pun. Bukan hanya itu, dalam perkembangan teknologi kini pemesanan sistem pesan-antar serba canggih yaitu secara online menggunakan aplikasi yang bisa dipesan menggunakan handphone saja, salah satunya yaitu Gofood dari aplikasi Gojek. Sistem Gofood yang memudahkan pelanggan untuk memesan makanan atau minuman dengan sistem pesan antar secara online dapat bisa dilakukan kapan saja tanpa harus ke toko secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan serta implementasi teknologi digital payment QRIS dan Gofood sebagai penunjang dalam kegiatan transaksi pada sektor UMKM Dapur Rayhan Teluk Lerong Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni melaksanakan survey, observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung yang nanti akan dianalisis melalui pengamatan peneliti untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dilakukan dalam rangka sosialisasi dan pengenalan QRIS dan Gofood pada UMKM Dapur Rayhan.


Keywords


UMKM; QRIS; Gofood

References


Chauhan, S. (2020). Digital Marketing for Small Business: A Global Perspective. In Small Business in a Global Economy (pp. 149-165). Springer, Cham.

Lestari, Y. D., & Ramli, M. (2020). Digital Marketing as a Strategy to Increase the Competitiveness of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(1), 58-67.

Mamouni Limnios, E., Kuisma, J., & Huber, J. (2016). Digital marketing practices among small and medium-sized enterprises in Finland. Journal of Small Business and Enterprise Development, 23(3), 633-651.

Putra, R. A. (2021). Action Research Terhadap Aktivitas Pemasaran Digital UMKM Melalui QRIS di Kecamatan Muara Bungo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 1-19. https://doi.org/10.31538/eb.v7i1.963

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. In Generation Journal (Vol. 4, Issue 1). https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019-

Yara, K. Y. (2020). Pengaruh pemanfaatan QRIS terhadap penjualan UMKM kuliner pada pandemi Covid-19 (Studi kasus: UMKM kuliner di Stabat). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 41-51. https://doi.org/10.33508/jeb.v23i1.5213

Siti Aisyah, dkk. (2023). Implementasi Teknologi Financial Dalam Qris Sebagai Sistem Pembayaran Digital Pada Sektor UMKM Di Kota Binjai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 12–18.

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.925




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i2.14343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Julia Labibazka Misly, Wirasmi Wardhani, Tiara Putri, Halizah Fitria Maharani, Rahul Syam, Miftah Rahmawati


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com