Pengenalan aplikasi tiktok sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan UMKM Atiiqna Batik

Siti Maria, Rosanty Arifin, Faura Fikhofiyyi L.G, Urfi Arsilla, Shangrilla Tasya, Sani Syafani

Abstract


Usaha batik merupakan usaha membuat motif atau gambar yang dituangkan pada kain yang di proses secara khusus dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan gambar dan motif yang menarik. Sektor ini dapat menguntungkan bagi para pemilik usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah. Promosi suatu produk batik oleh seorang pelaku usaha tentunya membutuhkan digital marketing salah satunya melalui aplikasi Tiktok agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui proses pengembangan media promosi berbasis aplikasi Tiktok untuk meningkatkan minat beli, kemudian dapat mengetahui kelayakan media promosi berbasis aplikasi Tiktok serta untuk mengetahui respon masyarakat terhadap media promosi berbasis aplikasi Tiktok. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data yang digunakan dari penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dengan teknik observasi dan wawancara. Dengan demikian Tiktok menjadi media promosi yang efektif dalam kegiatan pemasaran.


Keywords


Promosi; tiktok; batik; digital marketing

References


Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022).

Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1257.

https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040 Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan

Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BUYING BEHAVIORS. 4, 112–120.

Mandasari, Dewi Jayanti., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Kristia, S. E., & Harti. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428–1438.

Kuspradini, H., Putri, A. S., Paramma, D., Virdana, W. N., Jone, Y. M. R., Melinda, F., Riska. (2021). Peningkatan Literasi Masyarakat Desa Asa, Barong Tongkok, Kutai Barat Era New Normal. J- ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 75-86.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN

MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi

Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34.

https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483 Priantari, N. M. P., Astari, A. A. E., & Indiani, N.

luh. (2022). ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOME INDUSTRI TINJAUAN

ASPEK PEMASARAN Feasibility Study The Tiktok Application As A Home Industry Promotioan : An Overview Of Marketing Aspects. Nusantara Hasana Journal, 2(2), 430–439. www.ginee.com

Restaty, S. M. N., & Wuryanta, A. E. W. (2020). Aktivitas Promosi Media Sosial Instagram dan Sikap Konsumen Muda Produk Batik Lokal. Warta ISKI, 3(02), 91–102.

https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.62 Subekti, P., Hafiar, H., & Komariah, K. (2020).

WORD OF MOUTH SEBAGAI UPAYA PROMOSI BATIK SUMEDANG OLEH

PERAJIN BATIK (Studi Kasus pada Sanggar Batik Umimay). Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 37(1), 41–54.

https://doi.org/10.22322/dkb.V36i1.4149 Wangiyana, I. G. A. S., & Iskandar, E. (2021).

Bio-indiksi ranting cabang gharu (Gyrinops versteegii) di perkebunan gaharu desa Pejaring Lombok Timur. Ulin – J Hut Trop, 5(2), 106-115.

Wibowo, T., & Yudi. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital : Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Sciences and Technology, 1(1), 662–669. https://journal.uib.ac.id/index.php/conescinte ch




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i2.14342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maria, Rosanty Arifin, Faura Fikhofiyyi L.G, Urfi Arsilla, Shangrilla Tasya, Sani Syafani


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com