Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga melalui pelatihan pembuatan industri rumahan keripik pisang di Samarinda Seberang

Hairul Anwar, Wafiq Fadillah, Venna Yolanda Putri, Decky Aguspianto, Muhammad Osama Al Khair

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian yang dilakukan kepada ibu rumah tangga tentang kewirausahaan dan peluang di industri rumah tangga, serta memanfaatkan keterampilan memasak ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Metode yang digunakan dalam layanan ini adalah pelatihan dengan memberikan praktik pengolahan materi dan produk. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah para Ibu Rumah Tangga Gang Kalhold, Samarinda Seberang, dapat membangun usaha rumahan dengan merek dagang sendiri yang dilakukan bersama-sama.


Keywords


Ibu rumah tangga; kewirausahaan; industri rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Jallil, A. (2016). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik (Doctoral dissertation, Riau University). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/127491-ID-pengaruh-bauran-promosi-terhadap-minat-b.pdf

Aryani et all. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dan Manajemen Pemasaran Bagi Pelaku Umkm Dan Masyarakat Di Kelurahan Pangkalan Jati, Kota Depok. Indonesian Journal of Economic Community Development, 1(1), 35–41.

Badan Pusat Statistik (2021). Statistik Daerah Kota Samarinda 2021. Samarinda. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2021/12/30/2b74fd56f12b3d3b7510991b/statistik-daerah-kota-samarinda-2021.html

Badan Pusat Statistik (2021). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Samarinda 2021. Samarinda. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2021/12/30/7ed8bbe380ec443e7d98651c/statistik-kesejahteraan-rakyat-kota-samarinda-2021.html

Betlehn, A., & Samosir, P. O. (2018). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Industri Umkm Di Indonesia. Law and Justice, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/laj.v3i1.6080

Budiman, A., Nurwati, & Hakim, A. L. (2021). LEGAL PROTECTION OF TRADEMARKS IN FOOD SMALL AND MEDIUM. 7(1), 21–31.

Dellia Mila Vernia, Widiyarto, S., Dwi Narsih, Mu’thia Mubashira, & Leni Tiwinyanti. (2020). Sosialisasi Dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125–128. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1919

Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Hisani, W. (2020). Peluang Wirausaha Mandiri melalui Diversifikasi Olahan Kelapa. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 83. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.381

Kondoy, E., & Rahman, R. (2020). Peluang Usaha Kecil Kuliner Rumahan Masyarakat Perum Kharisma Koka Ditengah Pandemi Covid 19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 84–87. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1164

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hairul Anwar, Wafiq Fadillah, Venna Yolanda Putri, Decky Aguspianto, Muhammad Osama Al Khair


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com