Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga melalui pelatihan pembuatan industri rumahan keripik pisang di Samarinda Seberang
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13615Keywords:
Ibu rumah tangga, kewirausahaan, industri rumah tanggaAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian yang dilakukan kepada ibu rumah tangga tentang kewirausahaan dan peluang di industri rumah tangga, serta memanfaatkan keterampilan memasak ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Metode yang digunakan dalam layanan ini adalah pelatihan dengan memberikan praktik pengolahan materi dan produk. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah para Ibu Rumah Tangga Gang Kalhold, Samarinda Seberang, dapat membangun usaha rumahan dengan merek dagang sendiri yang dilakukan bersama-sama.
References
Ananda, R., & Jallil, A. (2016). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik (Doctoral dissertation, Riau University). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/127491-ID-pengaruh-bauran-promosi-terhadap-minat-b.pdf
Aryani et all. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dan Manajemen Pemasaran Bagi Pelaku Umkm Dan Masyarakat Di Kelurahan Pangkalan Jati, Kota Depok. Indonesian Journal of Economic Community Development, 1(1), 35–41.
Badan Pusat Statistik (2021). Statistik Daerah Kota Samarinda 2021. Samarinda. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2021/12/30/2b74fd56f12b3d3b7510991b/statistik-daerah-kota-samarinda-2021.html
Badan Pusat Statistik (2021). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Samarinda 2021. Samarinda. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2021/12/30/7ed8bbe380ec443e7d98651c/statistik-kesejahteraan-rakyat-kota-samarinda-2021.html
Betlehn, A., & Samosir, P. O. (2018). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Industri Umkm Di Indonesia. Law and Justice, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/laj.v3i1.6080
Budiman, A., Nurwati, & Hakim, A. L. (2021). LEGAL PROTECTION OF TRADEMARKS IN FOOD SMALL AND MEDIUM. 7(1), 21–31.
Dellia Mila Vernia, Widiyarto, S., Dwi Narsih, Mu’thia Mubashira, & Leni Tiwinyanti. (2020). Sosialisasi Dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125–128. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1919
Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Hisani, W. (2020). Peluang Wirausaha Mandiri melalui Diversifikasi Olahan Kelapa. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 83. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.381
Kondoy, E., & Rahman, R. (2020). Peluang Usaha Kecil Kuliner Rumahan Masyarakat Perum Kharisma Koka Ditengah Pandemi Covid 19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 84–87. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1164
Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664