Strategi komunikasi pemasaran point coffee

Herry Ramadhani, Selfinar Rajagukguk, Divka Andini Sabina Erawan, Angelia Astrid Wurarah, Salsabilah Umi Dhifa

Abstract


Kemajuan dunia bisnis salah satunya adalah kedai kopi atau coffee shop, merupakan usaha bisnis yang sudah menjamur diberbagai daerah termasuk juga di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan memanfaatkan mesin yang sangat canggih membuat kopi menjadi lebih nikmat dalam rasa dan berbeda. Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat diminati dari dulu hingga sekarang. Kunjungan awal (survey) sekaligus wawancara terhadap usaha Point Coffee di Jalan Cipto Mangunkusumo, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendampingi suatu usaha bisnis dalam meningkatkan pendapatan melalui digital marketing atau promosi di sosial media. Action research (penelitian tindakan) umumnya digunakan dalam penelitian pengabdian masyarakat ini. Prosedur tersebut dilakukan di lapangan, khususnya di Point Coffe Jalan Cipto Mangunkusumo, untuk menhasilkan kegiatan berdasarkan situasi dan kondisi lokal.


Keywords


Kopi; digital marketing; action research

Full Text:

PDF

References


Gassman, O., Frankenberger, K., & Csik, M. (2016). Business Model Navigator: 55 Model Bisnis

Unggulan yang Akan Mengubah Bisnis Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Irawan, V., Dwi, B., Argo, J, G. (2020). Analisis Minat Beli Konsumen Pada Produk Point Coffe

Indomaret. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar. Vol.1 308-322.

Octavyan, D, L & Sofiani. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Kopi Terhadap Keputusan Pembeli

Di Point Coffe Pedurenan. Kepariwisataan : Jurnal Ilmiah, 15(1) 2021 22-28.

Wardani, E, S & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Produk Republik Natur di Yogyakarta. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2) 203-211.

Wibowo, H., dkk. (2020). Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 59-66. doi: https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26593.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Herry Ramadhani, Selfinar Rajagukguk, Divka Andini Sabina Erawan, Angelia Astrid Wurarah, Salsabilah Umi Dhifa


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com