Edukasi dan pengenalan calistung serta peningkatan motivasi belajar kepada anak usia dini

Siti Maria, Alfianingrum Alfianingrum, Dewi Sulastri, Jordy Stephano Aswindra, Lestari Jaenal, Siti Hartina Sidae

Abstract


Pemahaman terhadap baca, tulis, dan hitung (CALISTUNG) menjadi hal yang sangat penting untuk kita

kenal sejak dini. Namun nyatanya masih banyak anak usia dini yang belum dapat mengenal CALISTUNG karena beberapa alasan salah satunya yaitu kurangnya motivasi yang mereka dapatkan sehingga mereka kurang semangat dalam belajar. Pada kegiatan ini, menggunakan metode sederhana dengan cara pendekatan kepada anak anak usia dini di lingkungan Jalan Kesehatan Dalam Pemuda Kota Samarinda. Kegiatan dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada pertemuan pertama dilakukan survey lokasi serta mengajar pertama dan pertemuan kedua dilakukan mengajar kedua serta memberikan buku kepada anak-anak yang ikut serta dalam belajar dan juga menyediakan alat belajar seperti papan tulis, sempoa, dan juga buku bacaan kepada pihak Unmul Mengajar (UNJAR) yang dapat digunakan dalam kegiatan mengajar selanjutnya. Adapun kegiatan yang dilakukan pada saat mengajar yaitu berdoa bersama, saling memperkenalkan diri, mempersilahkan anak anak untuk dapat memilih kepada siapa mereka ingin belajar, belajar bersama, bermain bersama, dan ditutup dengan bersalaman serta dokumentasi dengan cara berfoto bersama. Hal ini dilakukan bertujuan untuk membuat anak anak merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat memberikan motivasi kepada mereka untuk dapat terus belajar.


Keywords


Edukasi; calistung; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5, 19–42.

Juniardi, W. (2022). Memahami Pembelajaran Tatap Muka dengan Kelebihan dan Kekurangannya. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-tatap-muka/

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Majiburrohman, Sukari, Haq, I. F., Shaleh, M., & Auliya, N. (2023). Pelatihan Calistung (Membaca Menulis Berhitung) Sebagai Sarana Pendidikan Dasar Anak-Anak di Dusun Belang Desa Jumantoro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. 2(20), 34–39. https://doi.org/10.55080/jim.v2i1.162

Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195

Mutmainnah, & Silawati. (2020). Analisis Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dasar Melalui Bimbingan Belajar di Rumbel Arira. Religion: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 5(3), 248–253.

Riswan. (2022). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Konsep Calistung (Baca, Tulis, Hitung) di TK Ar- Raudhah Desa Kace Timur, Kec. Mendo Barat dan TPA Ceria SPNF SKB Kota Pangkalpinang Desa Tua Tunu, Kec. Gerunggang. 1(2), 14–21.

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 47–62.

Sugiono, & Kontjojo. (2016). Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://media.neliti.com/media/publications/117188-ID-none.pdf

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Vol. 3. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4656




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maria, Alfianingrum Alfianingrum, Dewi Sulastri, Jordy Stephano Aswindra, Lestari Jaenal, Siti Hartina Sidae


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com