Pengaruh citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian

Muhammad Santoso, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang: pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen produk Tupperware pada PT Syamdifa Salsa Utama yang membeli berdasarkan citra merek dan word of mouth dengan total sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data menggunakan regresi linier berganda (multiple liniear regressions) menggunakan SPSS dan angka indeks yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengukur frequensi jawaban responden. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dan variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dengan demikian, sebaiknya Tupperware dalam hal ini PT syamdifa Salsa Utama mempertahankan citra merek yang positif dengan meningkatkan kualitas dan berinovasi  sehingga dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian, sebaiknya memperluas jaringan di sosial media untuk menciptakan word of mouth agar lebih dikenal masyarakat secara luas baik model organic word of mouth maupun amplified word of mouth.


Keywords


Citra merek; word of mouth; keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.