Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran

Authors

  • Aljannatu Arbaatun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Syarifah Hudayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Saida Zainurossalamia ZA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v2i0.5775

Keywords:

Orientasi kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran  Penelitian menggunakan 40  pengusaha Angkringan di Samarinda sebagai sampel secara acak sederhana Analisis dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dan diolah dengan menggunakan Partial least squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemahaman orientasi  kewirausahaan tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran angkringan di samarinda. Variabel Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Pemasaran pengusaha Angkringan di Samarinda.hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengusaha Angkringan di Samarinda Sebaiknya pemilik Angkringan diSamarinda meningkatkan keunikan usaha dan kualitas usaha yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles