Perspektif konsumen terhadap layanan e-commerce dengan tinjauan e-servqual dan quality function deployment

Muhamad Putra Nurhidayah, Justina Ade Judiarni, Rizky Yudaruddin

Abstract


Perkembangan e-commerce di Indonesia sangatlah pesat. Dengan perkembangan yang sangat pesat itu otomatis persaingan antar perusahaan tidak terelakkan lagi, dengan kondisi berikut berbagai perusahaan melakukan berbagai cara untuk memenangkan kompetisi salah satunya adalah perang harga. Untuk perusahaan besar tentunya ini bukan masalah Karena mereka disokong oleh modal yang besar. Namun untuk e-commerce kecil menengah ini bukanlah pilihan cerdas. Diferensiasi layanan serta mendengarkan apa apa saja keinginan konsumen melalui metode e-servqual dan quality function deployment mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk bersaing. Penelitian ini menggabungkan metode e-servqual untuk mendengarkan apa apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan menggunakan quality function deployment untuk mengukur apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh pihak e-commerce. Hasilnya hal yang paling dikeluhkan oleh para konsumen adalah situs e-commerce harus berjalan dengan baik. Sementara hal yang paling pertama harus diperbaiki oleh pelaku e-commerce adalah tentang pembelajaran tentang website atau merekrut seorang web designer.


Keywords


E-commerce; e-servqual dimension; quality function deployment (QFD); design for six sigma (DFSS); boston consulting group matriks (BCG)

Full Text:

PDF

References


Evans, James dan William M. Lindsay. 2007. An Introduction to Six Sigma & Process Improvement, Fitriati, R. Afia. (terjemahan). Pengantar Six Sigma. Salemba Empat. Jakarta.

Gu Gleen H, Mezur, 2002. QFD and Design For Sig Sigma. QFD Institue

seva, Natalija. 2011. Looking for the E-Commerce Quality Criteria: Different Perspective, Journal of Economic 90 (1): 131-145

Herawati, Yani. 2012. Design for Six Sigma untuk Perancangan Layanan Penjualan Online melalui Media Fan Page Facebook. Simposium Nasional RAPI XI FT UMS : 190-200

Kiemele, D. M. (2003). Using the Design for Six Sigma (DFSS) Approach. NDIA Test itand Evaluation Summit. Victoria.

Maria, Hutaibdyah, Azzahra, 2015. Banyak pekerjaan baru uncul dari digitalisasi. http://swa.co.id/swa/headline/banyak-pekerjaan-baru-muncul-dari-digitalisasi . Diakses pada tanggal 20 oktober 2016

Nemati, Babak, et al. 2012. Analyzing E-Service Quality in Service-Based Website by E-SERVQUAL. Management Science Letters (2) November: 727-734

Parasuraman, A., Leonard L. Berry, dan Valarie A. Zeithaml. 1991. Refinement and Reassessment of the SERVQUAL Scale. Journal of Retailing 67 (4): 420-450.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, & Arvind Malthora. 2005. E-S-Qual: a Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research 7 (3) February: 213–233.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung

Zuo, Wenming, Qiuping Huang, Chang Fan dan Zhenpeng Zhang. 2013. Quality Management of B2C E-Commerce Service Based on Human Factors engineering. Electronic Commerce Research and Applications 12: 309-32




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.