Analisis tingkat pengangguran serta tingkat kemiskinan di indonesia

Muhammad Alvianto Putra Arizandi, Eny Rochaida

Abstract


Penelitian ini menggunakan alat analisis jalur yang merupakan pengembangan dari analisis regresi. Adapun yang menjadi variabel operasional penelitian adalah tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi, upah minimum dalam perekonomian di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh tidak signifikan secara langsung terhadap tingkat pengangguran maupun terhadap tingkat kemiskinan. Inflasi dan investasi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap pengangguran, tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Upah berpengaruh tidak signifikan secara langsung terhadap tingkat pengangguran maupun terhadap tingkat kemiskinan. Sementara tingkat pengangguran berpengaruh signifikan secara langsung terhadap tingkat kemiskinan. Diantara variabel bebas yakni pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi dan upah yang memiliki pengaruh dominan secara tidak langsung terhadap tingkat kemiskinan adalah variabel inflasi.


Keywords


Tingkat kemiskinan; tingkat pengangguran pertumbuhan ekonomi, inflasi, investasi, upah

Full Text:

PDF

References


Curry, Jeffrey Edmun. (2001), “Memahami Ekonomi Internasional”. Jakarta: PPM.

Dwi Ravi. (2010). Analisis Pengaruh PDRB, Pendidikan, Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Hermanto Siregar dan Dwi Wahyuniarti. “Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin”. http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/PROS_2008MAK3.pdf,2006

Judisseno, Rimsky K. (2002). Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kaufman, Bruce E and Julie L. Hotchkiss. (1999). The Economic Labor Markets. USA: Georgia State University.

Kuncoro, Mudjarad. (2000). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan. UPP AMP YKPN.

, Mudjarad. (2013). Indikator Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Makmun dan Akhmad Yasin. (2003). Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap PDB Sektor Pertanian. Kajian Ekonomi dan Keuangan, Vol.7, No.3 September.

Mankiw, Gregory. (2000). Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

, Gregory. (2007). “Macroeconomics, Worthpublishers”. http://worthpublishers.com/makiw6/ default.asp?s=n=&i=&v=&o=&ns=0&uid=0&rau=0-

Pantjar Simatupang dan Saktyanu K. Dermoredjo. (2003). Produk Domestik Bruto, Harga, dan Kemiskinan, Media Ekonomi dan Keuangan Indonesia, Hal. 191-324, Vol. 51, No.3

Rosidi et al, 2004. Metode Pengukuran Inflasi di Indonesia, Jakarta: Direktorat Statistik Keuangan Dan Harga Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Siregar, H. (2006). Perbaikan Struktur dan Pertumbuhan Ekonomi: Mendorong Investasi dan Lapangan Kerja, Jurnal Ekonomi Politik dan Keuangan, INDEF, Jakarta.

Sukirno, S. (2006). Ekonomi Pembangunan Proses Masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta.

Wahyu, Fajar. “Pengaruh Inflasi dan Upah terhadap Pengangguran di Indonesia Periode Tahun 1980-2010”. April 2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.