Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak reklame di kota balikpapan

Hairul Anam, Butet Wulan Trifina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kondisi keuangan dan persepsi tentang sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner skala likert dengan teknik purposive sampling dan menggunakan sampel sebanyak 100 orang wajib pajak reklame di Kota Balikpapan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan perpajakan dan persepsi tentang sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame, sedangkan kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan kondisi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Secara simultan pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, kondisi keuangan dan persepsi tentang sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.


Keywords


Kepatuhan wajib pajak reklame; pengetahuan perpajakan; kesadaran wajib pajak; kualitas pelayanan; kondisi keuangan; persepsi tentang sanksi perpajakan

Full Text:

PDF

References


Arviana, Nerissa dan Arja Sadjiarto. 2014. “Pengaruh Pemahaman Peraturan, Omset, Pemerisakaan, Sanksi, Relasi Sosial dan Persaingan Usaha Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran Di Mojokerto Tahun 2014” : Tax & Accounting Review, Vol.4 No.1

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz. 2012. “Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan”. Jakarta : Salemba Empat.

Ikhsan, Arfan dan Muhammad Ishak. 2005. “Akuntansi Keperilakuan”. Jakarta : Salemba Empat.

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Universitas Diponegoro Semarang: Tesis Magister Akuntansi

Kurniawan, Albert. 2014. “Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis”. Bandung : Alfabeta.

Kusmuriyanto, Susmiatun. 2014. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Perpajakan dan Keadilan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Semarang” : Accounting Analysis Journal Universitas Negeri Semarang. ISSN : 2252-6765

Mardiasmo. 2011. “Perpajakan Edisi Revisi”. Yogyakarta : Andi.

Masdar, Sjahrazad, dkk. 2009. “Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Untuk Pelayanan Publik”. Surabaya : Airlangga.

Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pajak Reklame. http://jdih.balikpapan.go.id/index.php/component/remository/perda/Tahun

-2010/Perda-No.-07-Tahun-2010-tentang-Pajak-Reklame/?Itemid=477. Diakses pada tanggal 17 Desember 2015. Pukul 18:20.

Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Izin Reklame. http://jdih.balikpapan.go.id/index.php/component/remository/perda/Tahun-2014/Perda-No.-08-Tahun-2014-tentang-Izin-Reklame/?Itemid=477.Diakses pada tanggal 17 Desember 2015. Pukul 18:20.

Pranata, Putu Aditya dan Putu Ery Setiawan. 2015. “Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Dan Kewajiban Moral Pada

Kepatuhan Wajib Pajak” : E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10.2. ISSN : 2302-8556.

Prastowo, Dwi. 2014. “Analisis Laporan Keuangan”. Edisi Ketiga. UPP STIM

YKPN

Pratiwi, I G. A. M. Agung Mas Andriani dan Putu Ery Setiawan. 2014. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame Di Dinas Pendapatan Kota Denpasar” : E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.2. ISSN : 2302-8556.

Purwono, Herry. 2010. “Dasar-Dasar Perpajakan & Akuntansi Pajak”. Jakarta : Erlangga.

Sanjaya, I Putu Adi Putra. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Hotel” : E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.1. ISSN : 2302-8556.

Samudra, Azhari Aziz. 2015. “Perpajakan Di Indonesia Keuangan, Pajak dan Retribusi Daerah”. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Sapriadi, Doni. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB” : Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang. Vol. 1 No. 1 2013.

Siahaan, Marihot P. 2004. “Utang Pajak, Pemenuhan Kewajiban, dan Penagihan Pajak dengan Surat Paksa”. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Simanjuntak, Timbul Hamonangan dan Imam Mukhlis. 2012. “Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi”. Jakarta : Raih Asa Sukses.

Sudjinan. 2014. “Manajemen Keuangan”. Balikpapan : Universitas Balikpapan.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

Umar, Husein. 1996. “Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis Edisi Kedua”. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Waluyo. 2014. “Akuntansi Pajak Edisi 5”. Jakarta : Salemba Empat.

Yulsiati, Henny. 2015. “Analisis Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Kecamatan Kemuning Kota Palembang” : Jurnal Akuntanika No.1 Vol.2 Juli-Desember 2015.

Yusnidar, Johan, dkk. 2015. “Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan” : Jurnal Perpajakan (JEJAK). Vol. 1 No. 1 Januari 2015.




DOI: https://doi.org/10.29264/prosiding%20snmeb.v0i0.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.