Pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying pada bisnis ritel

Doddy Angga, Syarifah Hudayah, Mohammad Wasil

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh stimulus Store Atsmophere terhadap impulsive buying. Impulse Buying merupakan salah satu faktor yang di perhatikan para retailer atau produsen. Peningkatan pendapatan konsumen menyebabkan kebutuhan konsumen ikut meningkat, yang menyebabkan tingkat belanja konsumen juga ikut meningkat. Variabel bebas yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior Display, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Pembelian Impulsif. Populasi pada penelitian ini yaitu Konsumen yang melakukan pembelian Impulsif di Swalayan 88 Kota Samarinda.    Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 orang responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling Purposif (purposive sampling). Faktor yang dapat mempengaruhi impulse buying terhadap sebuah pusat berbelanjaan adalah factor suasana toko atau lingkungan toko. Swalayan 88 merupakan salah satu toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, swalayan 88 selalu menciptakan lingkungan   belanja   yang   nyaman dan   mengarah   pada   pendekatan pola perilaku positif, menciptakan impulse buying dalam setiap lini nya yang ada didalam swalayan 88, dan selalu ada fitur-fitur yang menarik minat konsumen agar melakukan impulse buying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Exterior, Genera  Interior, Store  Layout, dan Interior Display secara bersama-sama  atau  simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (< α 0,05). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,880 atau 88.0%. Sedangkan hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior Display pengaruh yang signifikan terhadap Impulsif buying.


Keywords


exterior; general interior; store layout; interior display; impulsif buying

References


Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Berman, Barry and Joel R. Evans. (2007). Retail Management. 10th edition. New Jersey. Pretice: Hall Inc.

Engels, James F, et al. (1995). Perilaku Konsumen Edisi 6, Jilid 1. (Alih bahasa: Drs.

Harmancioglu, N., Finney, R. Z., and Joseph, M. 2009. Impulse purchases of new product: an empirical analysis, Journal of Product and Brand Management, Vol. 18, No. 1, pp. 27-37

Hetharie, J.A. (2012). “Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store Kota Ambon,” Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 10 No. 4, pp. 890 – 898.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran Edisi 6, Jilid 2.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2008) Principles of Marketing.11th Edition.New Jersey: Prentice Hall. Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13. (Alih bahasa: Bob Sabran MM). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Michael and Barton Weitz. 2007. Retailing Management. Edisi ketujuh. International Edition. New York: McGraw-Hill.

Malhotra, N. K. 2009. Riset Pemasaran. Edisi keempat. Jakarta: PT Indeks.

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurmawati, Endang. (2012). “Pengaruh Sore Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mulia Toserba dan Swalayan Godea Sleman. Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Umar, Husain. 2008. Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: gramedia rustaka utama

Utami, Christina Whidya. 2010.

Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Modern. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v15i1.3752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Doddy Angga, Syarifah Hudayah, Mohammad Wasil


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja