Pengaruh Kualitas Website dan Pemasaran Online serta E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Handbag Baellarry

Authors

  • Muhammad Gilang Syachputera Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Muhammad Wasil Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v22i2.15471

Keywords:

Kualitas Website, Pemasaran Online, E-Wom, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website dan pemasaran online serta e-wom terhadap keputusan pembelian handbag baellarry pada Zalora di kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki pengalaman berbelanja handbag baellarry pada Zalora di Samarinda setidaknya sekali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel total dari 80 orang Dengan menggunakan metode uji SPSS, penelitian ini menguji model hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website,pemasaran online dan e-wom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan ilmu manajemen pemasaran, khususnya dalam konteks penjualan handbag di tengah persaingan yang semakin ketat, serta memberikan wawasan praktis bagi pengelola bisnis dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik

References

Alghifari, A. Y., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.

Alma, H. B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok : RajaGrafindo Persada.

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis : Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta : Andi.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2003). Measuring Web Site Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data Systems, 103(5), 297–309.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2002). An Integrative Approach to The Assessment of E-Commerce Quality. J. Electron. Commer. Res., 3(3), 114–127.

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E Commerce Management (6th ed.). London : Pearson Education.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. Orlando : Dryden Press.

Fristanto, H. T., & Purnama, B. E. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Dan Insidental Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Tinatar Punung. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4), 1–5.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (9th ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2016). Quality Management for Organizational Excellence Introduction to Total Quality (8th ed.). Boston : Pearson Education.

Gunelius, S. (2010). 30-Minute Social Media Marketing. New York : McGraw-Hill.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context A State of the Art Analysis and Future Directions. Switzerland : Springer Cham.

Kotler, P. (2000). Marketing Management (Millennium). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). New Jersey : Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15th ed.). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018b). Principles of Marketing (17th ed.). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajeman Pemasaran (13th ed.). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berotientasi Objek. Bandung : Informatika.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior Jilid 2 : Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran (4th ed.). Jakarta : Erlangga.

Rahmah, S. N., Igo, A., & Ilham, M. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Roti Sultan di Kelurahan Kadia. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(4), 84–89.

Rahmawati, D. (2023). Fenomena Belanja Online Sebagai Budaya Populer di Kalangan Masyarakat. Kumparan.Com. https://kumparan.com/deva-rahmawati-1665647501655203969/fenomena-belanja-online-sebagai-budaya-populer-di-kalangan-masyarakat-1zZcXQocvQT/1

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa (Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau). Valuta, 1(1), 149–172.

Ratnasari, A. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Bisnis Online Shop Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 122–134.

Ristiyani. (2021). Pengaruh Harga Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Pengguna Lazada Di Kelurahan Klender). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences (2nd ed.). New York : Holt Rinehart & Winston.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2015). Consumer Behavior (Global). New York : Pearson Education.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2012). Consumer Behavior. London : Pearson Prentice Hall.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business (4th ed.). Jakarta : Salemba Empat.

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Studi Kasus Online Shop Eigerindostore.com. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality And Satisfaction (4th ed.). Yogyakarta : Andi.

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55–69.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). Jakarta : Kencana.

Zaenal, F. A., Ramlawati, & Suriyanti. (2018). Pengaruh pemasaran online, harga, pelayanan dan etika bisnis terhadap keputusan pembelian produk. YUME: Journal of Management, 1(2), 222–232.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York : Free Press.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Syachputera, M. G., & Wasil, M. (2025). Pengaruh Kualitas Website dan Pemasaran Online serta E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Handbag Baellarry. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 22(2), 257–268. https://doi.org/10.30872/jkin.v22i2.15471

Issue

Section

Articles