Pengaruh Kualitas Makanan dan Pemasaran Elektronik serta Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Vens Crepes di Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.15325Keywords:
Kualitas Makanan, Pemasaran Elektronik, Lokasi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Makanan dan Pemasaran Elektronik serta Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Vens Crepes di Kota Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Makanan dan Pemasaran Elektronik serta Lokasi, sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Vens Crepes Samarinda yang terdiri dari 160 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji pengaruh Kualitas Makanan dan Pemasaran Elektronik serta terhadap Keputusan Pembelian Vens Crepes di Kota Samarinda. Analisis data menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Makanan dan Pemasaran Elektronik berpengaruh positif dan signifikan Terhadap keputusan Pembelian, sedangkan Lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
References
A.W. Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.
Amanah, Dita. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery&Cake Shop Cabang HM Yamin Medan. Jurnal Ekonomi Vol 2, No 1, Tahun 2010. Universitas Negeri Medan.
Belch & Belch. (2001). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw Hill
Bilson Simamora. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Chaffey D, C. F. (2009). Internet Marketing: Strateg,Implementation, and Practice. United States: PrenticeHall.
Crosby, Philip B. (1979). Quality is free : The Art of Making Quality Certain, New York : New American Library
Eid, Riyad dan El-Gohary, Hatem. (2011). The Role Of Islamic Religiosity N The Relationship Between Perceived Value And Tourist Satisfaction.
Fandy, Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Fauzi, R. (2017). Perubahan Budaya Komunikasi Pada Pengguna WhatsApp Di Era Media Baru. JIKE.
Foster PJ, Buhrmann R, Quigley HA, Johnson GJ. (2002). The definition and classification of glaucoma in prevalence surveys.
Gaman, P. M., & Sherrington, K. B. (1996). The Science Food (4th ed.). London: Butterworth-Heinemann.
Garvin, D A., (1987). Compenting on the eight dimensions of quality. The President and Fillows off Harvard college
Garvin, D. A. (1987). Managing Quality. New York: The Free Press.
Goetsch dan davis. (2013). Quality management, fourth edition. Cram101 incorporated.
Gregoire MB & Spears MC. (2010). Foodservice Organizations: A Managerial and Systems Approach 6th ed. New Jersey: Pearson Education.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21 (Edisi 7). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan Kartajaya. (2009). Hermawan Kartajaya Seri 9 Elemen Marketing on Service, Markplus & Co
Juran, Joseph M, Deming W. Edwards, Philip B. Crosby, and., (1998). “Quality Definition”, America.
Kalakota R and Whinston A B. (1996). Frontiers of Electronic Commerce. Addison Wesley Publishing.
Knight, J.B dan L.H Kotschevar, (2000). Quantity Food Production and Planning. John Willey and Sons.
Kotler dan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. dan Armstrong, Gary. (2018), Principles of Marketing, Edisi: 17, United States of America: Pearson Education.
Kotler, Philip., dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13, Diterjemahkan oleh: Bob Sabran, MM., Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Phillip. dan Armstrong, Gary. (2014), Principles of Marketing, Edisi: 15, United States of America: Pearson Education.
Michael L., Ray. (1982). Advertising and Communication Management. Englewood Cliffs, Prentice Hall
Murphy, D F et al. (2003). Risk factors for lower extremity injury: a review of the literature, Br J Sports Med, USA.
Peri, C., (2006), The universe of food quality, Food Quality and Preference, Vol. 17 Nos 1-2, pp. 3-8.
Potter, N. N., & J. H Hotchkiss. (2012). Food science (5th edition). New York: Chapman and Hall.
Rogers, Everett M. (1986). Communication Technology: The New Media in Society. London : The Free Press.
Roscoe, John. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences. New York: Holt. Rinehart and Winston. Inc.
Schiffman and Lazar Kanuk, (2000), Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall
Smith, Gerald M. (1998). Statistical Process Control and Quality Improvement Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Strauss and Frost (2009). E-Marketing. New Jersey: Pearson.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. CV Alfabeta, Bandung.
Supranto. (2006). Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.
Yamit. (2010). Manajemen persediaan. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Ekonisia
Jurnal
Aprilianti, A. A., & Donni, J. (2018). Pengaruh E-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Jasa Pt . Fres Indonesia Wisata the Influence of E-Marketing on Consumer Decisions Using Pt . Fres Indonesia Wisata Services. 4(3), 1041–1044.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Café Wareg Bengkulu. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/download/12/12
Candra Irawan, I. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112.
Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). PENGARUH e-WOM, KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN KAKKK AYAM GEPREK. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, X(X), 187–196.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21 (Edisi 7). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husen, A., Sumowo, S., Rozi, A. F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember the Effect of Locations, Brand Images and Word of Mouth To Consumer Buying Decisions on Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 2460–9471.
Julius Osmond Susilowati. (2013). Pengaruh Persepsi Konsumen Pada Kualitas Makanan, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Loving Hut Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://publication.petra.ac.id/