Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Bening’s Skincare di Kota Samarinda

Authors

  • Tiara Salsabila Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Andi Martina Kamaruddin Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v22i1.15422

Keywords:

Label Halal, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Bening’s Skincare di Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bening’s Skincare, dengan sampel 73 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang disebar ke pelanggan Bening’s Skincare di Kota Samarinda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi logistik ordinal, uji overall model fit, uji goodness of fit, uji nagelkerke r square, uji wald (uji parsial t). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Bening’s Skincare di Kota Samarinda, dan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Bening’s Skincare di Kota Samarinda

References

Ath-Thawil, A. (2016). Syubhat Membuat Galau. Tinta Medina.

Bella, S., & Rahmiati, R. (2021). Inventarisasi Produk Skincare Yang Beredar Di Media Sosial Instagram. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 3(3), 164. https://doi.org/10.24036/.v3i3.77

Benings, I. O. (n.d.). Paket Bening Skincare Brightening. Retrieved June 10, 2021, from https://www.beningsbeaute.com/product/benings-paket-brightening-7247131

Harahap, A. L., & Afandi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Penggunaan Label Halal Serta BPOM Terhadap Minat Beli Skincare Wardah ( Studi Kasus pada Mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ). SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 336–347.

Hops.id. (2024). Dokter Richard Lee review produk kecantikan Benings Skincare milik dr Oky Pratama:https://www.hops.id/unik/29411778955/dokter-richard-lee-review-produk-kecantikan-benings-skincare-milik-dr-oky-pratama-ini-semua-sudah?page=2

Idntimes.com. (2023). Diduga Jual Produk Etiket Biru, 10 Artis Ini Jadi BA Bening’s Skincare. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/crescencia-chiquita/artis-ini-jadi-ba-benings-skincare-c1c2

Kotler, P. and L. K. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition NewJerse: Pearson Pretice Hall, Inc.

Mutia, A. (2022). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022

Sari et al. (2021). Dampak Digitalisasi Terhadap Industri Skincare. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1), 64–71. https://doi.org/10.23960/jpb.v4i1.51

Suyyinah & Setiawan. (2024). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Merk terhadap Minat Pembelian Skincare Artha. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 2008–2020. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.5916

Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andy Offset.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Salsabila, T., & Kamaruddin, A. M. (2025). Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Bening’s Skincare di Kota Samarinda . Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 22(1), 74–81. https://doi.org/10.30872/jkin.v22i1.15422

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)