Pengaruh Transaksi E-Commerce terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia

Authors

  • Hayuwandini Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Nurjanana Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v22i1.15415

Keywords:

Transaksi E-commerce, Jumlah Uang Beredar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transaksi E-commerce terhadap jumlah uang beredar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data time series terhitung dari tahun 2018-2022. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana dibantu dengan program eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transaksi E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah uang beredar

References

Aula, N. K. (2019). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA Nur.

Boediono. (1985). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No 5. Ekonomi moneter Edisi 3.

Hasoloan, J. (2014). Ekonomi Moneter. Deepublish.

Mruma, F. V., Ngussa, G., & Parveen, S. (2020). The Impact of E-Commerce on Supply Chain Costs. 22(4), 9–21. https://doi.org/10.9790/487X-2204020921

Nasution, D. S., Ec, M., Aminy, M. M., & Ramadani, L. A. (2019). Nasution, Dewi Sartika Aminy, Muhammad Muhajir Ramadani, Lalu Ahmad.

Natsir. (2014). Ekonomi Moneter dan Kebanksentralan. Mitra Wacana Media.

Ni Made Yulia Dewati Ayu, N. M. Y. D. A., & Jakaria. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2891–2900. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17499

Parishev, A., Hristovski, G., Jolakoski, P., & Stojkoski, V. (2020). E-Commerce Impact on Economic Growth. January 2021, 188–198. https://doi.org/10.47063/ebtsf.2020.0017

Prashandyawan, B. Y., Hetami, A. A., & Arsyad, A. W. (2019). PENGARUH E-COMMERCE TOKOPEDIA.COM TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN. 7(4), 267–279.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum.

Rahmayuni, S. (2019). Pengaruh E-Money Dan E-Commerce Terhadap Tingkat Inflasi. Sebatik, 23(1), 148–152. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i1.460

Roy, J., Rochaida, E., Suharto, R. B., & Rizkiawan, R. (2021). Digital and electronic transactions against velocity of money. Corporate Governance and Organizational Behavior Review, 5(2 Special Issue), 145–155. https://doi.org/10.22495/cgobrv5i2sip3

Solikin, & Suseno. (2002). UANG (Pengertian, Penciptaan, dan Peranannya dalam Perekonomian). In Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (Vol. 1, Issue 1).

Yudiaatmaja, D. (2013). Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Gramedia Pustaka Utama.

Yuliadi, & Basuki, A. T. (2019). Teori Ekonomi Moneter dan Temuan Empiris. Gosyen Publishing.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4-1–25. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/827

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Hayuwandini, H., & Nurjanana, N. (2025). Pengaruh Transaksi E-Commerce terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 22(1), 23–29. https://doi.org/10.30872/jkin.v22i1.15415

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)