Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Terminal Service Officer

Authors

  • Dwi Febriyanti Putri Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Arif Fakhrudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.14669

Keywords:

Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas Terminal Service Officer (TSO) di Bandar udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menjadi hal yang sangat penting, karena petugas Terminal Service Officer (TSO) yang menjadi salah satu penentu dalam menunjang kegiatan operasional di suatu Bandar udara. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menguji pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan terminal service officer di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. secara parsial dan simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji validitas dan reliabilitas semua variable terdiri dari variable stress kerja (X1), Stres kerja (X2) Kepuasan kerja  (Y) Kinerja Karyawan Terminal Service Officer adalah valid dan reliabel. Pada uji t didapatkan hasil tidak terdapat pengaruh stress kerja terhadap kinerja karyawan TSO Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madji Lombok dan kepuasan kerja terdapat pengaruh terhadap kinerja karyawan secara parsial. Lalu pada uji f untuk menguji variabel secara keseluruhan dimana variabel stres kerja dan kepuasan kerja memberikan pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan secara simultan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,549 yang mana dapat diartikan keberadaan variabel terikat atau kinerja karyawan semakin kuat.

References

Afandi,P. (2018) Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Arif Yusuf Hamali (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Gusti KS.(2012) Kesehatan Mental. Semarang: UPT Undip Edison Emron dkk. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam (2016) Aplikasi Analisis Dengan Program IBM 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanim, Maslatifa, (2016) “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampak Pada Kinerja Karyawan Hull Construction di PT DOK dan Perkapalan Surabaya”. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 4, Nomer 3.

Hasibuan, SP. Melayu, (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. H.. (2020). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.S

Robbnis (2016:260) dalam Bintoro dan Daryanto (2017:107) Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Penerbit Gaya Media.

Robbins, Stephen P, Timoty A Judge (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Republik Indonesia (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 33 ayat (1).

Sugiyono (2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung PT Alfabet.

Sugiyono. (2017).Metode Peneltian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D Bandung Afabeta, CV.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D Bandung Afabeta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2018). Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Aflabeta, Bandung.

Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kedelapan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Vijayan, Mathangi .(2017). “Impact Of Job Stress On Employees’Job Performance in AAVIN Coimbatore.

Published

2024-05-25

How to Cite

Putri, D. F., & Fakhrudin, A. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Terminal Service Officer. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(2). https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.14669

Issue

Section

Articles