Pengaruh Efektivitas Iperform dan Penilaian E-Score terhadap Kapabilitas Karyawan Customer Service Terminal Inspection Service (CSTIS)

Authors

  • Husnul Khotimah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.
  • Arif Fakhrudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14668

Keywords:

Efektivitas iPerform, Penilaian E-Score, Kapabilitas Karyawan, Customer Service Terminal Inspection Service (CSTIS)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teknologi dan inovasi yang dapat mempermudah pengelolaan bandar udara didukung oleh karyawan yang memiliki kapabilitas untuk menjalankan segala fungsi dan tugas pada unit karyawan Customer Service Terminal Inspection Service (CSTIS) melalui transformasi digital perusahaan yaitu iPerform dan E-Score. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji validitas dan reliabilitas variable terdiri dari efektivitas iPerform dan penilaian E-Score terhadap kapabilitas karyawan adalah valid dan reliabel. Pada uji t didapatkan hasil variabel efektivitas iPerform dan penilaian E-Score terdapat pengaruh terhadap kapabilitas karyawan secara parsial. Pada uji f didapatkan variabel efektivitas iPerform dan penilaian E-Score terdapat pengaruh terhadap kapabilitas karyawan secara simultan.

References

Aisyah Siti dan Eka Purwanda. (2019). Analisis Kapabilitas Karyawan Bagian PPIC Di PT. Idola Selaras Abadi. Program Studi Manajemen, STIE STEMBI. Hal 855-863.

Bunahri Rifqi Raza, Bahtiar, dan Andung Luwihono. (2023). Pentingnya Pelayanan Informasi Berbasis Digital terhadap Pengguna Jasa Penerbangan di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Vol. 1, No. 1 (2023). Politeknik Penerbangan Jayapura, Jayapura, Indonesia. Hal 53-67.

Dharasta You She Melly Anne, Aditya Dewantari, dan Awan. (2022). Strategi Pelayanan Prima PT. Angkasa Pura I Di Yogyakarta International Airport. Vol 15, No. 1 (2022). Manajemen Transportasi STTKD, Manajemen Transportasi Udara STTKD. Hal 102- 109.

Erialdy, Agus Iwan Mulyanto, Sugeng Lubar Prastowo, dan Ade Indra Permana. (2021). Penilaian Prestasi Kerja Menggunakan Aplikasi Online Pada Pegawai Negeri Sipil. Vol 4 No 1 (2021). Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Hal 136-14.

Ikram Muh, Nur Fajariani, dan Mu’fidatul Nurul Hajjad. (2023). Analisis pelayanan paramedis terhadap kepuasan pasien pada unit kerja pendaftaran BPJS kesehatan di rumah sakit regional. Volume 25 Issue 3 (2023). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah, Mamuju. Hal 482.

Ikram Muh, Nur Fajariani, dan Mu’fidatul Nurul Hajjad. (2023). Analisis pelayanan paramedis terhadap kepuasan pasien pada unit kerja pendaftaran BPJS kesehatan di rumah sakit regional. Volume 25 Issue 3 (2023). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah, Mamuju. Hal 483.

Isnaya Meliyani dan Arif Fakhrudin. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Saluran Distribusi Jasa Maskapai Citilink Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pt Citilink Indonesia Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya). Vol. 6 No. 1 (2022). Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Hal 831-843.

Kementerian Perhubungan. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 24 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan. Peraturan Menteri Indonesia No.647, 2021. Hal 1-43.

Mandalika, Baiq Naulina dan Siti Hajjah. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Riau. Vol.1, No.1, pp.169-178. Hal 175.

Nandyasari Khelsi dan Sugi Rahayu. (2018). Kapabilitas Pemerintah Kabupaten Sleman Dalam Mewujudkan Konsep Smart Governance Untuk Menuju Sleman Smart Regency. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 5.

Nugroho Fendi. (2016). Penerapan Penilaian Kompetensi Membuat Meja Kayu Siswa Jurusan Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Sawoo. Vol 3 Nomor 3/JKPTB/16 (2016), 55 – 61. Hal 56.

Nurcahyo Bagus, dan Riskayanto. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusamba Vol.3 No.1 April. Universitas Gunadarma. Hal 19.

Nurhuda Abdul Hamid, Setiyo Nugroho, dan Tri Rama Halim Santoso. (2019). Perancangan Sistem IRCT (Inspection Report Condition Terminal) Unit TIS Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fakultas Sains Teknologi Universitas Raharja Tangerang, Indonesia. Hal 7-12.

Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (PERSERO). (2018). Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II Nomor: PD.01.02/05/2018/0048 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kehadiran Melalui Aplikasi iPerform. Jakarta: Direktur SDM, Umum & Teknologi Informasi.

Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (PERSERO). (2018). Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II Nomor: PD.13.01/03/2021/0018 Tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara Di PT Angkasa Pura II (Persero) Jakarta: Direktur Operasi dan Pelayanan.

Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (PERSERO). (2022). Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II Nomor: PD.13.01/12/2022/A.0091 Tentang Service Hospitality Frontliner Di Bandar Udara Yang Dikelola PT Angkasa Pura II. Jakarta Direktur Komersil Dan Pelayanan.

Presiden Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Puspitasari Endah, Enjang Nursolih, dan Endang Rustendi. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektifitas Kerja (Suatu Studi Pada Pegawai Kecamatan Rajadesa). Vol. 05 (02) 2023. Manajemen Universitas Galuh Jl. RE. Martadinata No.150 Ciamis. Hal 110.

Rosa Dela, dan Muhammad Richo Rianto. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja PT. SKF Indonesia. Volume 1 Nomor 2. Fakultas Ekonomi & Bisnis Bhayangkara Jakarta Raya. Hal 112.

Sella Anggie Pramai, dan Dr. Lilik Purwanti. (2019). Analisis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Menggunakan Internal Audit-Capability Model. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univеrsitas Brawijaya. Hal 3.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantanganya. Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Siregar Ina Namora Putri, Selvy, Hamdi Roles Gurning, dan Ellen Angga. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Budi Raya Perkasa. Volume 5 Nomor 1 (2019). Hal 73.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Suhardoyo. (2018). E-Performance Sebagai Implementasi Umpan Balik 360 Derajat Dalam Pelaksanaan Penilaian Kinerja Pegawai. Vol. XVI No. 2 (2018). STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Hal 177-183.

Suhartono, Eka Putri Nur Azizah, Lukman Hakim, dan Hartanti. (2019). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen Jakarta. Volume 5 Nomor 3. Hal 263.

Supardam Dhian dan Rifqi Raza Bunahri. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Dalam Sektor Penerbangan: Kapabilitas Sumber Daya Manusia, Kemajuan Teknologi, Dan Prominensi Energi Bersi. Vol 4, No 4 (2023). Politeknik Penerbangan. Hal 740-747.

Tangkilisan, Nogi Hessel. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Turnip Monika. (2017). Pengaruh Teknologi Informasi dan Kemampuan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi. Universitas Komputer Indonesia. Hal 4.

Wati, dan Tri Yulia. (2022). Strategi Pelayanan Prima Guna Mewujudkan Kepuasan Pelanggan Anggota Primer Koperasi Kartika Daya Mandiri Detasemen Markas Besar Angkatan Darat. Vol. 4 No. 2 Oktober 2022. Hal 5.

https://bandara.id/info-bandara/pengertian-bandar-udara-airport. Diakses pada 9 November 2023 jam 18.00.

https://www.angkasapura2.co.id/id Diakses pada 9 November 2023 jam 21.00

https://definisiahli.blogspot.com/2013/05/definisi-penilaian-kinerja-menurut-ahli.html. Diakses pada 10 November 2023 Jam 15.00.

https://penerbitdeepublish.com/desain-penelitian/. Diakses pada 10 November 2023 Jam 20.00.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Khotimah, H., & Fakhrudin, A. (2024). Pengaruh Efektivitas Iperform dan Penilaian E-Score terhadap Kapabilitas Karyawan Customer Service Terminal Inspection Service (CSTIS). Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(1), 105–114. https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.14668

Issue

Section

Articles