Pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap keputusan pembelian

Authors

  • Fitri Nurfadillah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Suharno Suharno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.13929

Keywords:

Kualitas produk, promosi, desain, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy Di Astra Motor Cabang Agus Salim Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk, Promosi dan Desain, sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Astra Motor Cabang Agus Salim Samarinda yang terdiri 90 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adala data primer dan data sekunder yang diperoleh berupa jawaban atas pernyataan dalam kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Analisis data menggunakan Program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sedangkan Promosi dan Desain berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Scoopy Di Astra Motor Cabang Agus Salim Samarinda.

References

Dane, N., Sukaatmadja, I. P. G., Budiasa, I. W., Kopi, U. D., & Banyuatis, B. (2013). Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap

Nilai Penjualan Produk pada UD . Kopi Bali Banyuatis , Singaraja Cost Analysis of Effect of Promotion Value of Product Sales Pendahuluan. 1(1), 1–15.

Ferrell, O. C., & Hartline, M. D. (2011). Marketing Stategy. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Ghozali. (2019). Pengaruh Keragaman produk dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasaan Konsumen

Distro Heaven (Survei pada pengunjung Distro Heaven Trunojoyo Bandung). Journal of Chemical Information and Modeling, 1–58.

Jahanshahi, Gashti, Mirdamadi, N. and K. (2011). Study of the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty PhD Scholar in Business Administration. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 253–260.

Martina Rut Utami, & Arif Darmawan. (2018). Mva Terhadap Harga Saham Pada Indeks Saham Syariah Indonesia. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 206–218. Retrieved from www.idx.co.id

Puspita Astria Magdalena, Suharyono, M. (2015). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada pengguna smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 23(1), 85988.

Rozaili, Z. (2019). JRR, Vol I, No I, Juni 2019, ISSN: 2685-1024. I(I), 21–28.

Rusmini. (2013). Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen. Jurnal Pengembangan Humaniora, 13(1), 73–79.

Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(2), 201–217.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Trifena Lokas, Altje L. Tumbel, M. M. K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 819–832.

Yoepitasari, A. H., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada

Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 15(1), 14. https://doi.org/10.14710/jsmo.v15i1.21246

Zhang, Z., Peng, Q., & Gu, P. (2015). Improvement of user involvement in product design. Procedia CIRP, 36(January 2016), 267–272. https://doi.org/10.1016/j.procir.2015.01.019

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Nurfadillah, F., & Suharno, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap keputusan pembelian. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 21(1), 115–121. https://doi.org/10.30872/jkin.v21i1.13929

Issue

Section

Articles