Keputusan pembelian ditinjau dari brand trust, brand awareness dan word of mouth

Sonia Kusumastuti, Istiatin Istiatin, Sudarwati Sudarwati

Abstract


Penelitian bertujuan guna mengetahaui pengaruh brand trust, brand awareness dan word of mouth terhadap keputusan pembelian susu bear brand di luwes Gentan Surakarta. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 100 responden pembelian produk susu bear brand di luwes Gentan Surakarta. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan sebagaimana menyebarkan kuesioner menggunakan skala linkert. Peneliti menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas dengan metode analisis regresi linier berganda, dimana hasil penelitian menandakan sebagaimana secara parsial bahwa brand awareness dan word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu bear brand di luwes Gentan Surakarta, sedangkan brand trust tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu bear brand di luwes Gentan Surakarta. Sedangkan untuk hasil determinasi diketahui bahwa brand trust, brand awareness dannword of mouth terhadappkeputusan pembelian susuubear brand di luwes Gentan Surakarta sebesar 63,4% sedangkan sisanya sumbangan variabel sebesar 36,6% dipengaruhiioleh variabel lain seperti physical evidence, promosi, lokasi dan lain – lain.


Keywords


Keputusan pembelian; brand trust; brand awareness; word of mouth

References


Ali, I., Irdiana, S., & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image , Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus ( Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang ). Progress Conference, 2(July), 406–413. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/210/199

Imron, N, R., & Siti, A. (2016). Prodi manajemen. 82–94.

Kurniawan, F. A., & Effendi, S. (2020). Pengaruh Brand Awarness, Iklan Media Sosial dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Customer Bintang Motor Jaya Buaran). Journal of Management Pemasaran. http://repository.stei.ac.id/1585/

Kurniawati, N. I. (2020). Analysis of the influence of word of mouth and brand image on the decision to purchase cosmetics make over products in Semarang. Economics, Management and Sustainability, 5(2), 138–148. https://doi.org/10.14254/jems.2020.5-2.11

Meilano, Y., Hidayat, R., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Analisis Pengaruh Customer Engagement Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skind Aesthetic Analysis of the Effect of Customer Engagement and Brand Trust on Purchase Decisions on Skind Aesthetic Products. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 886–893.

Patricia, G., Santoso, T., Bisnis, F., Siwalankerto, J., Clarissa, A., Lupita, V., Rahardja, V., Octaviany, S., Alv, L., & Livia, M. (2017). Analisis Pengaruh Endorser Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Richiamore.

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376

Rika, A., & Eman, S. (2021). Pengaruh Kredibilitas Endorser Agnes Monica, Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Cair. 5(1), 1124–1135.

Syamsiah, S. N., Muttaqien, F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko SJ Tempeh Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, 1(1), 114–126.

Aaker. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama. Jakarta.

Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank. CV. Penerbit Qiara Media. Surabaya.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education Limited.

Sernovitz. (2014). Word Of Mouth Marketing. New York: Kaplan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v19i3.11407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.

View My Stats