Kepuasan pelanggan ditinjau dari customer experience, customer value, dan brand. image

Sukma Dewi Maharani, Istiatin Istiatin, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience, customer value, dan brand image terhadap kepuasan pelanggan pada Mie Gacoan di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif. Populasinya adalah semua konsumen Mie Gacoan di Manahan Surakarta dengan jumlah tidak terhingga. Sampel berjumlah 100 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa customer experience, customer value, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Mie Gacoan di Surakarta.


Keywords


Customer experience; customer value; brand image; kepuasan pelanggan

References


Apriati & Riptiono. (2016). “Pengaruh Green Produk, Brand Image, Dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalt Melalu Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studii Padaa Konsumen Tupperware Di Kebumen)â€.

Dewi & Hasibuan. (2016). “Pengaruh Pengalaman Pelanggan (Customer Experiencer) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Kuliner Jawa Rantauprapat. Jurnal Ecobismaa, 9 (1).

Dewi & Nugroho. (2020). “PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY INSTITUT FRANCAIS INDONESIA DI

SURABAYAâ€. Jurnal teknologi dan terapan bisnis (jttb) , 3(2), 30- 39.

Shaya, Wibowo, & Yoeliastuti. (2020). Analisis Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal lentera bisnis, 9 (1), 107. https://doi.org//10.34127/jrlab.v9il.350.

Junior, Aeros & Pio. (2019). Pengaruh brand image dan presepsi harga terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan datsun nissan martadinata). Jurnal administrasi bisnis, 8 (2).

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I : Erlangga.

Logiawan & Subagio. (2016). Analisa Customer Value Terhadap Customer Loyalty Dengan Customerr Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Restoran Bandar Di Jakarta, Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran : Petra, 2 (1), 1-11.

Pranoto &Subagio. (2016). ANALISA PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA KONSUMEN DI ROSETTA’S CAFE & RESTO

SURABAYA. Jurnal manajemen pemasaran : Petra.

Setiadi. (2013). Pengaruh brand image, service quality, dan trust terhadap loyalitas nasabah: 109.

Tanady & Fuad. (2020). Analisis pengaruh citra merek, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian tokopedia di jakarta. Manajemen pemasaran, 9 (021), 113-123..

Tjiptono. (2014). PEMASARAN JASA : PRINSIP, PENERAPAN.

PENELITIAN. Andi Offset.

Usvela, Qomariah & Wibowo. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggann Terhadapp Kepuasann Pelanggann Herbalife. Jurnal manajemen dan bisnis indonesia, 5 (2), 300-312.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukma Dewi Maharani, Istiatin Istiatin, Istiqomah Istiqomah


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja