Pengaruh kelompok acuan, kualitas produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada sepatu olahraga merek adidas di kota samarinda

Ahmad Nasyaikin, Alexander Sampeliling

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kelompok Acuan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian pada sepatu olahraga merek Adidas di Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada pria dan wanita yang berusia 20-35 tahun keatas dan yang menggunakan sepatu olahraga merek Adidas di Kota Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Kuantitatif dan Kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis linier berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pada pria dan wanita yang berusia 20-35 tahun keatas dan yang menggunakan sepatu olahraga merek Adidas di Kota Samarinda. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan.


Keywords


Kelompok acuan, kualitas produk, kepercayaan merek, dan keputusan pembelian

References


Alfred, Owusu. 2013. “Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study.†European Journal of Business and Management 5(1):179–99.

Amaldoss, Wilfred, and Sanjay Jain. 2008. “Trading up: A Strategic Analysis of Reference Group Effects.†Marketing Science 27(5):932–42.

Amron, Amron. 2018. “The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer‟s Buying Decision of MPV Cars.†European Scientific Journal, ESJ 14(13):228.

Antonius, Ian Ong, and Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya.†Manajemen Pemasaran 1(2):1–11.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bearden, William O., and Michael J. Etzel. 1982. “Reference Group Influence on Product and Brand Purchase Decisions.†Journal of Consumer Research 9(2):183.

Dian, Nova Farah, and Yessy Artanti. 2013. “Ppengaruh Kelompok Acuan Dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee.†Jurnal Ilmu Manajemen 1:414–27.

Fardani, Aprillia Nia. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Café Pandanaran Semarang''.Universitas Diponegoro. 64:1–75.

Ferdinand, Augusty. 2014. “Metode Penelitian Manajemen.†Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.†Semarang: Universitas Diponegoro.

Husein, Umar. 2005. “Manajemen Riset Dan Perilaku Konsumen.†Jakarta: PT. Gramedia Pusat.

Istijanto. 2009. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaran.†Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, Murbani. 2017. “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Brand Trust Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang).†Fakultas Ekonomi 07(17):64–77.

Kotler, Philip dan Keller Lane. 2009. “Manajemen Pemasaran.†Jakarta: PT. Indeks.

Kristian, D., and R. Widayanti. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana.†Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida.16(1):45-58

Peter J Paul & Olson Jerry. 2000. “Consumer Behavior : Prilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran.†Yogyakarta: Erlangga.

Philip, T., P. A. Bryon, N. Philippe, G. Souillet, F. Freycon, R. Gérard-Marchant, and

M. Brunat-Mentigny. 1980. “[Anatomo-Clinical Characterization of Burkitt‟s Lymphoma in France. Apropos of 51 Personal Cases].†Pediatrie 35(8):677–91.

Pratama, Dhio Panji, and Sri Suryoko. 2013. “Pengaruh Threat Emotions , Kepercayaan Merek Dan Harga.†Journal of Social and Politic 1(1):1–10.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslien Lazar. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Study, Program, Pendidikan Tata, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Program Study, Pendidikan Tata, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Varian Produk, and Keputusan Pembelian. 2015. “Pengaruh Kelompok Acuan , Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko „ Windy Collection ‟ Dukun Gresik Arina Anggun Firdaus Harti.†Ilmu Manajemen Bisnis 5 no 6:1–11.

Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemesaran. 8th ed. Jakarta: Liberty. Tjiptono, fandi. 2012. “Pemasaran Jasa.†Yogyakarta: Andi.

Ujang, Sumarwam. 2011. “Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran.†Bogor: Ghalia Indonesia.

Wijayanti, Irine Diana Sari. 2008. Manajemen. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Yudhi Soewito. 2013. “Kualitas Produk, Merek Dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio''. Jurnal EMBA,1 (1):218–29.

Adidas Bigmall Samarinda. 2017. “Store Resmi Produk Sepatu Olahhraga Merek Adidas Di Bigmall Kota Samarinda.†Http://Web.Facebook.Com/Adidasbigmallsmd/Rdc-1&rdr. Retrieved January 20, 2018 (http://web.facebook.com/adidasbigmallsmd/rdc-1&rdr).

Adidas Group Media. 2017. “Official Produk Sepatu Olahraga Adidas.†Http://Www.Adidas-Group.Com/Media/Filter_publik.Retrieved January 11, 2018 (http://www.adidas-group.com/media/filter_publik).

Top Brand Indeks. 2017. “Data Top Brand Index.â€

Http://Www.Topbrandaward.Com.

Viva news. 2016. “Kasus Penipuan Produk Sepatu Adidas Dan Mencantumkan Logo Adidas.†Https://Www.Viva.Co.Id. Retrieved January 16, 2018 (https://www.viva.co.id).




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Nasyaikin, Alexander Sampeliling


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja