Pengaruh jumlah penduduk yang bekerja dan investasi swasta terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan antar kabupaten/kota

Corinna Amelia Effendy, Sjamsu Djohan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk yang bekerja dan investasi swasta terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode alat analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan data yang digunakan adalah data sekunder dalam periode waktu 14 tahun dari periode 2007-2020. Data diolah dengan program AMOS 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penduduk yang bekerja secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Investasi swasta berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Jumlah penduduk yang bekerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Investasi swasta berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan.  Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Jumlah penduduk yang bekerja secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap ketimpangan pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi. Investasi swasta secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap ketimpangan pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Jumlah penduduk yang bekerja; investasi swasta; pertumbuhan ekonomi; ketimpangan pendapatan

References


Anggiat Mugabe Damanik, Zulgani, R., 2018. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan Melalui Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, Volume 7, Nomor (1), Hal 15–25. Universitas Jambi. Jambi.

Arsyad, L. 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Edisi Kesatu. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Astutiningsih, S. E., & Sari, C. M. 2017. Pemberdayaan Kelompok Agroindustri Dalam Upaya Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, Volume 02, Nomor (1), Hal 1–9. UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Badan Pemerintahan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. 2019. Analisis Ketimpangan Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Semester II Tahun 2019. Kalimantan Timur.

Badan Pemerintahan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. 2020. Analisis Ketimpangan Wilayah Provinsi Kalimantan Timur Semester 1 Tahun 2020. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2012. Kalimantan Timur Dalam Angka. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2014. Keadaan Angkatan Kerja. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2016. Kalimantan Timur Dalam Angka. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kalimantan Timur Dalam Angka. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2020. Keadaan Angkatan Kerja. Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik. 2021. Kalimantan Timur Dalam Angka. Kalimantan Timur.

Djohan, S. 2018. Determinan Kesenjangan Pendaptan Antar Provinsi di Indonesia : Studi Makro Ekonomi Regional. Disertasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Kalimantan Timur.

Haryono, S. 2017. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Luxima Metro Media. Yogyakarta. PT. Intermedia Personalia Utama.

Kline, R. B. 2011. Principles And Practice Of Structural Equation Modeling. Third Edition. Guilford Press. New York.

Lessman, Christian. 2006. Fiscal Decentralization and Regional Disparity: A Panel Data Approach for OECD Countries. Ifo Working Papers. http://www.cesifogroup.de/portal/pls/portal/docs/1/1197172.PDF.

Mankiw, N. Gregory. 2007. Teori Makroekonomi, edisi keenam. Alih Bahasa: Imam Nurmawan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Musfidar, Ma’mun. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Sulawesi Selatan Tahun 2001-2010. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makasar.

Nanga, M. 2001. Makro Ekonomi: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Parkin, M. 2010. Macroeconomics, Ninth Edition. Boston USA: Pearson Education, Inc.

Pradnyadewi, D., & Purbadharmaja, I. (2017). Pengaruh IPM, Biaya Infrastruktur, Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Provinsi Bali. Volume 6(2), Halaman 255–285. Universitas Udayana. Bali

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. 2004. SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models. Behavior Research Methods, Instruments & Computers, Volume 36, No (4), Pages 717–731. University of North Carolina, Ohio State University, Columbus.

Sukirno, Sadono. 2011. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sulistiawati, Rini. 2012. Pengaruh Upah Minimum terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi di Indonesia. Jurnal Ekonomi. Volume 8, Nomor 3. hal 195 - 211. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Todaro, Michael. P. 2000. Ekonomi Pembangunan. Alih Bahasa: Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Todaro, Michael. P. 2004. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Alih Bahasa: Haris Munandar. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Edisi kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10558

Refbacks



Copyright (c) 2022 Corinna Amelia Effendy, Sjamsu Djohan


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja