Membongkar realitas ageism pada film layar lebar
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10268Keywords:
Ageism, anak muda, film, lansia, semiotikaAbstract
Ageism merupakan stereotip, prasangka, atau prilaku diskriminasi berdasarkan usia. Pada kehidupan sehari-hari kebanyakan ageism ditujukkan kepada lansia meskipun dapat juga terjadi pada anak muda. Seperti yang dikonstruksikan oleh film, dimana lansia digambarkan sebagai beban bagi sebagian masyarakat. Film merupakan media penyampaian pesan yang efektif dan mudah dipahami. Peneliti menggunakan Film Sweet 20 sebagai objek penelitian karena terdapat sebagian adegan yang merujuk pada realitas ageism. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana ageism direpresentasikan dalam film Sweet 20. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika model Roland Barthes. Melalui denotasi, konotasi dan mitos dalam teori Barthes, peneliti dapat memahami makna ageism dalam film tersebut. Hasil penelitian diperoleh terdapat bentuk-bentuk atau perilaku yang dimaknai sebagai tindakan ageism terhadap lansia dan anak muda.
References
Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar Bandung: Simbiosa Rekatama.
Aurelia, Joan. 2019. Diskriminasi Berdasarkan Umur di Tempat Kerja Mempersulit Pelamar. Diakses pada 15 Agustus 2021 dari https://tirto.id/diskriminasi-berdasarkan-umur-di-tempat-kerja-mempersulit-pelamar-dg98
Butler, R. N. 1969. “Age-ism: Another form of bigotryâ€. The Gerontologist 9 (4): 243–246. Diakses 19 April 2021 dari https://academic.oup.com/gerontologist/article/9/4_Part_1/243/569551/
Irawanto, B. 2013. Menggugat Tirani Usia. Jurnal Studi Pemuda. Vol. 2, No. 2, September 2013 Diakses pada 19 April 2021 dari Garuda.ristekdikti.go.id
Kiddo. 2020. Orang Tua Minta Maaf Kepada Anak, Apa Perlunya ?. Diakses pada 26 Oktober 2021 dari https://m.kiddo.id/article/orang-tua-minta-maaf-ke-anak-apa-perlunya
Kompasiana. 2021. Apakah Penting Edukasi Diskriminasi Usia Sejak Dini ?. Diakses pada 26 Oktober 2021 dari https://www.kompasiana.com/abdurrahmansafii0251/611c7a4f31a28720ff362c83/apakah-penting-edukasi-diskriminasi-usia-sejak-dini?page=2&page_images=1
Kusumarini, Yusita. 2006. Van Zoest, Art dan P. Sudjiman ) ed). 1996. Serba-serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Nur Azizah, Rosyta dkk. 2020. Laporan Rancangan Intervensi Ageism. Diakses 04 November 2021 dari https://id.scribd.com/document/454358265/Rancangan-Intervensi-Ageisme-Kesmendela-A-1-pdf
Palmore, Erdman B. 1999. Ageism negative and positive. New York: Springer Publishing Company, Inc.
Royal Society of Public Health. (2018). That Age Old Question. Diakses 04 November 2021 dari RSPH: https://www.rsph.org.uk/uploads/assets/uploaded/010d3159-0d36-4707- aee54e29047c8e3a.pdf
Sobur, A. 2018. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tay K. McNamara, J. B. 2019. Ageism: Past, Present, and Future. New York: Routledge.
Waleleng, Grace. J. 2018. Bahan Ajar : Semiotika. Manado: Universitas Sam Ratulangi. Diakses pada 18 April 2021 dari https://inspire.unsrat.ac.id/uploads/daring/berkas/2018-04-30berkas19730515200604200114.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.