Strategi dan Inovasi Rumah Makan di Kabupaten Sampang dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Authors

  • Abu Tholib Universitas Bahaudin Mudhary Madura
  • Alvin Arifin Universitas Bahaudin Mudhary Madura

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10048

Keywords:

Strategi Pemasaran, Inovasi Pemasaran, Pandemi COVID-19

Abstract

Pandemi global yaitu Corona Virus Disease – 19 (COVID-19) melanda di berbagai negara tidak terkecuali Tanah air Indonesia, bahkan sudah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dalam masa Pandemi COVID-19 dan penerapan PSBB menjadi momok bagi pengusaha bisnis kuliner, banyak bisnis cafe dan restoran yang tutup. Mereka yang tetap buka hanya diizinkan untuk melayani makanan dengan cara takeway atau makanan yang dibeli dibawa pulang, kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat restoran merupakan pendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berbagai strategi dan inovasi baru perlu dilakukan agar bisnis kuliner tetap bertahan di tengah situasi sulit apalagi dengan status PSBB di beberapa kota besar di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil sampel pada konsumen dan pemilik Rumah Makan Asela Kaupaten Sampang yang merupakan Rumah Makan terkenal disana. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menjalankan strategi serta inovasi dalam pemasaran. Strategi yang digunakan adalah menggunakan media sosial serta memanfaatkan platform antar jemput yaitu GoFood dan GrabFood. Inovasi yang dapat digunakan adalah menggunakan metode pembayaran non tunai, penyediaan produk tahan lama serta penyediaan layanan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Author Biography

Abu Tholib, Universitas Bahaudin Mudhary Madura

Dosen Manajemen

References

Aditya, N. R. (2020). 4 Prediksi Perubahan Bisnis Kuliner di Era New Normal. Travel.Kompas.Com. Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/05/31/070300627/4-prediksi-perubahan-bisnis-kuliner-di-era-new-normal?page=all

Çetinsöz, B. C. (2019). Influence of Physical Environment on Customer Satisfaction and Loyalty in Upscale Restaurants. Journal of Tourism and Gastronomy Studies, 7(2), 700–716. https://doi.org/10.21325/jotags.2019.387

Hanaysha, J. (2016). Testing the effects of food quality, price fairness, and physical environment on customer satisfaction in fast food restaurant industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40.

Kaloka, A. S. K. (2015). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @MAKANANJEMBER. Jember.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Varadarajan, R. (2015). Strategic marketing, marketing strategy and market strategy. AMS Review, 5(3–4), 78–90.

Published

2021-11-20

How to Cite

Tholib, A., & Arifin, A. (2021). Strategi dan Inovasi Rumah Makan di Kabupaten Sampang dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(4), 533–538. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10048

Issue

Section

Articles