Pengaruh citra merek dan kemasan terhadap minat beli produk

Mariska Ayu Widyaningrum, Anwar Musadad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra merek dan kemasan pada produk Garnier serta untuk mengetahui hasil analisi mengenai pengaruh citra merek dan kemasan terhadap minat beli produk Garnier. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu dengan teknik aksidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa citra merek dan kemasan berpengaruh positif. Kemudian berdasarkan hasil analisis verifikatif menjelaskan bahwa citra merek dan kemasan memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,662 yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Citra merek dan kemasan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat beli sebesar 24,7%. Secara simultan citra merek dan kemasan berpengaruh terhadap minat beli sebesar 59,2%.


Keywords


Citra merek; kemasan; minat beli; uji korelasi; analisis jalur

References


Abdullah, Thamrin, and Francis Tantri. 2018. Manajemen Pemasaran. 7th ed. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Afianka Maunaza. 2012. “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Maskapai Penerbangan Lion Air Sebagai Low Cost Carrier).â€

Alyani, Noshratina. 2019. “Pengaruh Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Tahun 2017-2018 Home Industry Cutecake Jl. Nyai Enat Palangka Raya.â€

Ambarwati, M. 2015. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent).†Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya

Buchari, Alma. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. cetakan ke. Bandung: CV. Alfabeta.

Darmanto, and Sri Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. 1st ed. Sleman: Deepublish Publisher.

Dharmawati, Made. 2017. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauziah, Ninda, and Dadan Abdul Aziz Mubarok. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan.â€

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Qiara Media.

Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Deepublish Publisher.

Ghulam, Asyroful. 2017. “Pengaruh Brand Image Dan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sea Master (Studi Kasus Di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas).â€

Hidayah, Rahmah. 2016. “Pengaruh Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Produk Sabun Cair LUX Di Purworejo)â€

Hardani, Helmina Andriani, Nur Hikmatul Auliya, Rhousandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.

Julius, Yudi, and Nandan Limakrisna. 2016. Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). 1st ed. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Larissa, Elian Alvaroy. 2015. “Pengaruh Atribut Kemasan Terhadap Minat Beli Mie Cup ABC.â€

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. 1st ed. Kota Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Nst, Mhd Sukri Helmi. 2015 “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada CV. Master Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu.†Universitas Pasir Pengaraian.

Prasetyo, Bambang D. 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). Malang: UB Press.

Priansa, Juni D. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Putri, Ayuthia. 2018. “Analisis Pengaruh Kemasan Dan Brand Image Terhadap Minah Beli The Body Shop.â€

Rosandi, Shinda, and Tri Sudarwanto. 2014. “Pengaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra.†Jurnal Pendidikan Tata Niaga

Rutyaningsih, Yaya. 2017. Pengantar Manajemen Teori, Fungsi Dan Kasus. 1st ed. Karawang: CV. Absolute Media.

Siyoto. 2015. “Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1.†Dasar Metodologi Penelitian 1–109.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suwarman, Ujang. 2015. Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen Dan Marketing Plan. 1st ed. edited by U. Suwarman. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Seran, Yohanes Petrus. 2016. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan ‘Pop Mie.’â€

Tambunan, Yenni Sofiana. 2019. “Pengaruh Citra Merek Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV. Sibolga Nauli Madani.†Akbar Juara 4.

Tiopan Topo Guntur. 2014. “Pengaruh Brand Image Dan Package Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Kemasan Merek Aqua Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Medan Area Skripsi Oleh : Tiopan Topo Guntur Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan.†Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mariska Ayu Widyaningrum, Anwar Musadad


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen