Inovasi pelayanan publik berbasis website opensid

Amelia Putri, Dadan Kurniansyah, Evi Priyanti

Abstract


Undang – Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi ujung tombak dalam melaksanakan Sistem Informasi Desa. Keberadaan SID dapat memaksimalkan pelayanan publik di Desa. pelayanan publik merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Sejak tahun 2019 Pemerintah Desa Kalibuaya mulai mengembangan SID berbasis OpenSID. Tujuan diadakannya SID berbasis OpenSID adalah untuk mengefektifkan dan mengefisienkan tata kelola Pemerintahan Desa yang semula masih dinilai lamban dengan proses manual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana elemen suskes pengembangan e – government diterapkan dalam pengelolaan SID berbasis OpenSID di Desa Kalibuaya yang dilihat dari tiga elemen sukses pengembangan e – Government. terdiri dari Support, Capacity dan value. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukkan jika Desa Kalibuaya telah memiliki ketiga elemen tersebut dalam mengembangan SID berbasis OpenSID. Hal ini dilihat dari elemen support (political will)  yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Kalibuaya.


Keywords


Sistem informasi desa; pelayanan publik; desa kalibuaya

References


Arif, M. S. (2013). Analisis Pengembangan Electronic Government melalui Penyelenggaraan Website di Kabupaten Kudus. Journal Of Public Policy And Management Revie, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v2i4.3521

Buletin APJII. (2020). No Title. APJII. https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/#:~:text=Secara umum%2C hasil survei APJII,9 juta berdasarkan data BPS.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Govenrnment. ANDI OFFSET.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Ketiga). Alfabeta.

Yovita. (2016). Implementasi Penerapan E-Government. Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. https://kominfo.go.id/content/detail/8554/implementasi-penerapan-e-goverment/0/sorotan_media#:~:text=Mulai dari urusan bisnis%2C serta,sistem pemerintahan secara lebih efisien.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495).




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.9885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amelia Putri, Dadan Kurniansyah, Evi Priyanti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen