Pengaruh habit dalam keputusan mengikuti program permata serta dampaknya pada kepuasan pelayanan

Nova Audina, Reminta Lumban Batu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Habit terhadap Keputusan melalui Kepuasan Pelayanan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 77 responden yang merupakan mahasiswa program PERMATA SAKTI Universitas Singaperbangsa Karawang. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan pengujian yang telah dilakukan terhadap masalah menggunakan model analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program IBM AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan, keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan, dan Habit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan.


Keywords


Habit; keputusan mengikuti; kepuasan pelayanan

References


Ghozali. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Cetakan ke 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA†PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA DI INDONESIA. 1–11.

Aron, E. F., & Diana, N. (2021). ANALISIS PENGARUH PENYALAHGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERILAKU ACADEMIC FRAUD MAHASISWA AKUNTANSI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 10(02).

Direktorat jenderal pendididikan tinggi kemeneterian pendidikan dan kebudayaan. (2020). Panduan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit Dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti) Kampus Merdeka & Merdeka Belajar Tahun 2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081

Fitroh, R., & Suyono, H. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Konstruk Resiliensi Ego Menggunakan SEM. Psyche 165 Journal, 13(02), 205–210.

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen UNSRAT, 4(1), 128464.

Husain, A. (2016). Kajian Penerimaan Dan Penggunaan Broadband Mobile Access Sebagai Sarana Layanan Internet. Faktor Exacta, 9(1), 13–24.

KETAREN, I. A. P. B. (2015). KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA PERTUKARAN MAHASISWA TANAH AIR NUSANTARA (PERMATA). 7–37.

Kurniawati, E. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kebiasaan Menggunakan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Merek Samsung Di Toko “Y.†Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(1), 201–212. https://doi.org/10.34152/fe.14.1.201-212

Lukum, A., & Paramata, Y. (2015). Students ’ Satisfaction toward the Services of the Chemical. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 4(1), 22–29.

Mahmudah, S., & Handayani, E. (2017). Dimensi Kewirausahaan, Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Dan Kinerja Usaha Perempuan Berwirausaha Di Dki Jakarta. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(3), 189. https://doi.org/10.33370/jpw.v19i3.101

Mardainis, Junadhi, & Jamaris, M. (2019). Analisa Faktor Principal Component Analysis dan Common Factor Analysis untuk Menentukan Minat Calon Mahasiswa Masuk STMIK Amik Riau. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2).

Putra, M. A. A. (2018). EVALUASI PENGGUNAAN PADA PRODUK UANG ELEKTRONIK E- MONEY BANK MANDIRI MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 2. Photosynthetica, 2(1), 1–13. Retrieved from http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Waluyo, M. (2016). Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi (SEM). UPN Jatim, 126.

Weir, K. A. (2021). Learning by Logging: Tracking Choices, Habits, and Decisions. Journal of Political Science Education, 17(2), 299–310. https://doi.org/10.1080/15512169.2019.1626243

Website:

Akun Youtube Unsika official (https://youtu.be/aBdXb9g7iOI) diakses 30/06/2021




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nova Audina, Reminta Lumban Batu


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen