Kajian keberhasilan sistem informasi learning management system esq business school
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran secara konvensional menjadi terganggu. Untuk menjawab permasalahan tersebut ESQ Business School melaksanakan kegiatan belajar mengajar online melalui Learning Management System (LMS). Untuk mengukur faktor-faktor keberhasilan dari penerapan kegiatan belajar di LMS di ESQ Business School, peneliti menganalisisnya dengan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean. Data dari responden yaitu 182 mahasiswa dikumpulkan melalui survei, yang kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini yaitu membuktikan kualitas informasi tidak memiliki pengaruh signifikan kepada kepuasan penggunaan, selain itu kualitas pelayanan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan. Akan tetapi variabel lainnya teruji signifikan dalam pengukuran kesuksesan sistem informasi LMS di ESQ Business School. Dengan nilai R-Square 0.668 untuk penggunaan, 0.669 untuk kepuasan pengguna, dan 0.606 untuk manfaat bersih. Selain itu, nilai GoF sebesar 64% membuktikan bahwa model telah sesuai secara substansial dalam merpresentasikan hasil penelitian.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 cap,†pp. 2–4, 2020.
F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,†Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.
W. H. D. A. E. R. MCLEAN and WILLIAM, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,†J. Manag. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2015, [Online].
W. H. DeLone and E. R. McLean, “Measuring e-commerce success: Applying the DeLone and McLean Information Systems Success Model,†Int. J. Electron. Commer., vol. 9, no. 1, pp. 31–47, 2004.
J. M. Hudin and D. Riana, “Kajian Keberhasilan Penggunaan Sistem Informasi Accurate Dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delon Dan Mclean,†J. Inf. Syst., vol. 12, no. 1, pp. 1–9, 2016.
D. Setyo and D. A. Rahmawati, “Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna,†J. Bisnis dan Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2015, [Online].
N. Agustina and E. Sutinah, “InfoTekJar : Jurnal Nasional InformatikadanTeknologiJaringan Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 2, pp. 76–82, 2019.
Wi. Septianita, W. Agus Winarno, and A. Arif, “Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi , Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System ( RTS ) Terhadap Kepuasan Pengguna ( Studi Empiris Pada PT . KERETA API INDONESIA ( PERSERO ) DAOP 9 JEMBER ),†vol. 1, no. 1, pp. 53–56, 2014.
T. Tigowati, A. Efendi, and C. W. Budiyanto, “E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk,†Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i1.16416.
C. Barritt and F. L. Alderman Jr., “Creating a reusable learning objects strategy,†John Wiley Sons, p. 291, 2004, [Online].
W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information systems success: The quest for the dependent variable,†Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 1, pp. 60–95, 1992, doi: 10.1287/isre.3.1.60.
I. Ghozali, Structural Equation Modeling Alternatif Dengan Partial Least Squares, 2nd ed. Semarang: BP-Undip, 2008.
J. H.M and W. Abdillah, Konsep Dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, 2009.
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eko Ramanudin, Arif Budiarto, Tetra Widianto, Dwiza Riana
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen