Pengaruh kesadaran lingkungan dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian

Fadilah Sarasuni, Harti Harti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian pada konsumen remaja Natur-E Daily Nourising 100. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan 100 orang responden dengan menyebarkan kuisioner secara online. Peneliti memilih 100 orang responden yang sesuai dengan kriteria penelitian yaitu konsumen yang pernah membeli produk Natur-E Daily Nourishing 100. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakna regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian bahwa pada variabel kesadaran lingkungan yang berpengaruh secara singnifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan untuk variabel persepsi nilai memperoleh nilai signfikan sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada hasil koefesien determina (R²) variabel independent secara simultan memperoleh nilai R Square sebesar 52,5%.


Keywords


Kesadaran lingkungan; persepsi nilai; keputusan pembelian

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2019). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2019. https://surabayakota.bps.go.id/dynamictable/2018/04/18/23/proyeksi-penduduk-kota-surabaya-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun-2019.html

Bangga Surabaya. (2017). No Title. 05 November. https://humas.surabaya.go.id/2017/11/05/surabaya-kota-terbaik-dunia-kategori-global-green-city/

Deva, S. A. (2020). Nasib bisnis kecantikan: Laju pertumbuhan tertahan pandemi. Senin, 29 Juni. https://www.alinea.id/bisnis/nasib-bisnis-kecantikan-laju-pertumbuhan-tertahan-pandemi-b1ZOR9vuT

Dewantara, I. H. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Emas 22% Di Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo (Studi Pada Toko Pusaka Mas) Ibnu.

Din, A. M., Wanni, L., Huda, R., & Sehar, R. (2016). Factor Affecting Green Awareness on Generation Y Purchasing Behavior towards Green Brand Products. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 6(11), 36–43.

Fandy Tjiptono. (2007). PEMASARAN JASA. In Pemasaran Jasa (p. 296). Banyumedia Publishing , Malang.

Farahrozi, F., & Verinita, V. (2020). Pengaruh Awareness of Green Product, Price, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Green Product the Body Shop Di Kota Padang. Ekonis: Jurnal Ekonomi DanBisnis,22(1). https://doi.org/10.30811/ekonis.v22i1.1904

Farhanah, A., & Kusumastuti, A. E. (2020). Kesadaran Produk Ramah Lingkungan Sebagai Mediasi: Kepedulian Lingkungan Dan Efektivitas Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i1.80

Hanna Farah Vania. (2020). Konsumen Bijak Dorong Pertumbuhan Produk Berkelanjutan. Dkatadata.Com.

Irawan & Wijaya, F. (2000). PEMASARAN prinsip dan kasus. In edisi 2 (Kedua, p. 41). BPFE YOGYAKARTA.

Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Preferensi Merek , Persepsi Kualitas , Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matik Di Semarang. Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi, 12, 115–126.

Kominfo Jatim. (2017). Kesadaran Konsumen Konsumsi Produk Ramah Lingkungan Meningkat. 19 September. http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kesadaran-konsumen-konsumsi-produk-ramah-lingkungan-meningkat

Leon G. Schiffman, L. L. K. (2000). Consumer Behavior. In Consumer Behavior (Kelima, p. 437). Indeks.

Lestari, N. I. (2020). Pengaruh Green Awareness Terhadap Keputusan. Jurnal Ekonomi Vokasi, 3(1), 36–48.

Najib, M. A., Soesanto, H., & Sukresna, I. M. (2016). Analisis Pengaruh Brand Awareness , Dan Perceived Value. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XV(1).

Nihlah, Z., Latuihamallo, D. W., Susanty, A., & Purwaningsih, R. (2018). Analisis Pengaruh Perceived Value, Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Dengan Word of Mouth Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasional IENACO, 2337–4349, 462–469. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9815

Nourising, N. D. (2021). Aturan Minum Natur-E Untuk Pemula. https://natur-e.co.id/archive/beauty-knowledge/aturan-minum-natur-e-untuk-pemula

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Mangement Global Edition. Pearson Edition, inc.

Philip Kotler, G. A. ; alih bahasa A. S. ; penyunting bahasa B. M. (2002). Dasar-dasar pemasaran. In A. S. dan B. Molan (Ed.), jilid 1. jakarta, Prenhalindo.

Stefanus Heri Prasetyo, Y. D. S. (2015). Pengaruh Perceived Value Tehadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Dngan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi Dan Kewirausaha, 15, 159–166.

Suki, N. M. (2013). Green awareness effects on consumers’ purchasing decision: Some insights from Malaysia. International Journal of Asia-Pacific Studies, 9(2), 49–63.

Syahrivar, J. (2017). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Ramah Lingkungan Di Kawasan Industri Cikarang. Jurnal Manajemen, 7(1), 74–92.

Top brand. (2020). TOP BRAND INDEX FASE 2 2020. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Nourish skin

Tridiwianti, F., & Harti. (2020). PENGARUH GREEN PRODUCT AWARENESS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GREEN BODY CARE Fidia Tridiwianti Harti. 9(1), 1104–1110.

Trikrisna, A., & Rahyuda, I. (2014). Perilaku Remaja Putri Dalam Pembelian Produk Hijau “the Body Shop†Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(7), 255115.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadilah Sarasuni, Harti Harti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen