Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen

Made Oktavira Astasari, Tri Sudarwanto

Abstract


Boomingnya aplikasi Tik Tok saat ini dimanfaatkan oleh para pemilik usaha dalam memperkenalkan produknya untuk lebih luas. Tjuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1)Pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Konsumen 2) Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen 3) Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan Data Primer menggunakan sistem online, melalui pendeketan populasi dan sampel yaitu pengguna Tik Tok dan pengikut akun Tik Tok @ACEHARDWARE. Dalam menetapkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan menggunakan sampel sebanyak 104 responden. Dalam pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi linier. Hasil data yang telah dikelolah menunjukan bahwa adanya pengaruh secara signifikan pada variabel viral marketing terhadap minat beli konsumen pada aplikasi tiktok @ACESIDOARJO. Adanya pengaruh yang signifikan pada variabel Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen pada aplikasi Tik Tok @ACEHARDWARE. Adanya pengaruh secara signifikan pada variabel Viral Marketing dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Minat Beli Konsumen pada aplikasi Tik Tok @ACESIDOARJO.

Keywords


Kepercayaan konsumen; minat beli; viral marketing

References


Afra, T. A., Ma’ruf, J. J., & Utami, S. (2020). The Influence Of Trust And Attitude Towards Social Media Advertising On Purchase Intention Of Clothing Products With Behavioral Responses As Mediating Variable: Study On Students Of Universitas Syiah Kuala. International Journal of Scientific and Management Research, 3(2), 107–117.

APJII. (2019, Januari 2). Retrieved from Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia: www.apjii.or.id

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Mohammed, E., & Ali, M. (2017). Investigating Effects Of Viral Marketing On Consumer’s Purchasing Decision. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 5.

Salimun, & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Jurnal Sosial Humaniora, 563–577.

Sari, A., Kaloka, K., Suryaningsih, I. B., Indraningrat, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., Unej, U. J., & Kalimantan, J. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen pada Instagram @ MAKANANJEMBER ( Effect of Viral Marketing Against Customer Buying Interest Through Customer Trust in Instagram @ MAKANANJEMBER ).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Made Oktavira Astasari, Tri Sudarwanto


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen