Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan

Zayyan Syafika Mumtaz, Saino Saino

Abstract


Pengguna media sosial mengalami kenaikan terutama pada aplikasi Tik Tok yang diunduh hampir 1 Miliar kali sepanjang 2020. Aplikasi Tik Tok dapat menjadi tempat strategis bagi pemasaran sebuah merek atau produk yang dapat menjangkau konsumen. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh aplikasi Tik Tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan pada remaja kota Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling, yang memiliki kriteria: (1) Memiliki dan pengguna aktif aplikasi, (2) Remaja berusia minimal 16 tahun sesuai persyaratan pengguna dengan rentang 16-24 tahun, (3) Domisili kota Gresik. Menggunakan analisis data regresi linier berganda, sebelum dianalisis diuji dengan validitas dan reabilitas, asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian.menerima semua hipotesis, aplikasi Tik Tok sebagai media promosi (X1) dan trend glow up (X2) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap minat beli produk kecantikan. Bila X1 dan X2 bernilai 0, maka nilai minat beli sebesar -8,211. Artinya jika X1 dan X2 tidak dilakukan maka minat beli terhadap produk kecantikan akan mengalami penurunan minat atau konsumen akan beralih ke produk lain. Sebaliknya jika X1 dan X2 dilakukan maka minat beli terhadap produk kecantikan akan meningkat.


Keywords


Aplikasi tik tok; promosi; trend glow up; minat beli

References


Afif, A. (2015). Teori Identitas Sosial. Yogyakarta: UII Press.

AG.Suyono, S. S. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Chervanic, B. (2015). Is Beauty a Promise to Happiness? New Errands: The Undergraduate Journal of American Studies, 2 (2).

Febriani, G. A. (2021). Glow Up Challenge Kini Jadi Tren, Ini Sebabnya Menurut Psikolog. wolipop.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi AAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Han, Y. (2020). Advertisement on Tik Tok as a Pioneer in New Advertising Era : Exploring Its Persuasive Elements in the Development of Positive Attitudes in Consumers. The Frontiers of Society, Science and Technology, 81-92.

Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 5

Lidwina, A. (2020). TikTok Diunduh Hampir 1 Miliar Kali sepanjang 2020. databooks.

Mardhiyah, F. (2020). 4 Produk Kecantikan yang Viral di TikTok. Banyak yang Penasaran dan Ingin Coba~. hipwee.

Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. (cetakan ke-2) Bandung: CV. Alfabeta.

Mona, K. (2019). “Synching and performing : body (re) presentation in the short video app Tik-Tok. Journal Osuva University of Vaasa, 16.1.2020.

Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Perdana.

Nainggolan, N. T., Munandar, Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Fuadi, Hastuti, P., . . . Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Omar, B., & Dequan, W. (2020). Watch, share or create: The influence of personality traits and user motivation on TikTok mobile video usage. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 121–137. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12429

Praisra, H. (2019). TikTok Bukan Media Sosial Lho... Bandung: REPUBLIKA.

PRNewswire. (2017). Tik Tok, Aplikasi Video dengan Teknologi Canggih yang Mudah Digunakan. Resmi Diluncurkan di Indonesia. Jakarta: PR Newswire a cision company.

Riyanto, A. D. (2020). Indonesian Digital Report. Hootsuite (We are Social).

Rohmah, Chozinatul; Huda, M. H. Z. (2020). Representasi Supremasi Kulit Putih Bagi Perempuan Dalam Produk Iklan Sebagai Standar Kecantikan. Journal of Multidisciplinary Studies, 4, 56–80.

Saraswati, L. A. (2017). Putih: Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional. Tanggerang: 2017.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sokolova, K. &. (2019). Instagram and Youtube bloggers promote it, why should I buy? How credibility and parasocial interaction influence purchase intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 10.1016/j.jretconser.2019.01.011.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tang, D. (2019). The New Situation of Marketing in the Self-Media Era-Taking Tik Tok as an Example. 2nd International Workshop on Advances in Social Sciences (IWASS 2019) The, December 2018, 1557–1560. https://doi.org/10.25236/iwass.2019.281

Wang, R. (2019). Effect of e-wom message of opinion leaders on purchase intention of female consumers in China: case of Ddouyin (Tik Tok).

Wolny, J. &. (2013). Analysis of fashion consumers’ motives to engage in electronic word-of mouth communication through social media platforms. Journal of Marketing Management, 29. 10.1080/0267257X.2013.778324.

Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the Reasons and Development of Short Video Application——Taking Tik Tok as an Example. 9th International Conference on Information and Social Science, Iciss, 340–343. https://doi.org/10.25236/iciss.2019.062




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zayyan Syafika Mumtaz, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen