Strategi produk dalam meningkatkan penjualan di badan usaha milik desa (bumdes)

Imam Syah, Muhajirin Muhajirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi produk dalam meningkatkan penjualan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Rumusan Masalah  dalam penelitian ini bagaimana strategi produk dalam meningkatkan penjualan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi produk dalam meningkatkan penjualan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu analisis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi, angket dan studi pustaka.Hasil penelitian strategi produk mampu dalam meningkatkan penjualan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. BUMDes desa Rato Kecamatan Lambu agar dapat mengupayakan membuat sarana pemasaran seperti website yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa maupun masyarakat di daerah lain untuk mengenal produk layanan dari BUMDes di desa Rato Kecamatan Lambu. Selain itu ada baiknya apabila di website tersebut berisi potensi-potensi yang ada di desa Rato Kecamatan Lambu seperti lebih memperkenalkan beberapa objek wisata sehingga dapat menarik banyak wisatawan nantinya.


Keywords


Strategi produk; penjualan; bumdes

References


Alriai, I. M. (2014). Model Pemasaran Di Era New Wave Marketing. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 21(36)

Amirullah. 2013. Metodelogi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Assauri, Sofian. 2015. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan. Jakarta: Salemba Empat

Hutabarat, Esterlina. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi. Vol.3 No.2. Desember 2017

Janah, M., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176-163

Jinling, C. E. (2009). Modeling E-Commerce Website Quality With Quality Function. IEEE Internasional Conference On Deployment E-Bussines, 21-23

Kotler, Philip & K.L.Keller. (2006). Seri 9 Elemen Marketing Hermawan Kertajaya On Selling. Jakarta: Mizan

Kusniadji, S. (2018). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran M asa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2)

Maryunani. (2008). Pembangunan Bumdes Dan Pemerdayaan Pemerintah Desa. CV Pustaka Setia, Bandung

Moekijat. (2000). Kamus Manajemen. Bandung: Alumni

Permendes No.19 T5ahun 2017 Tentang Penetapan Prioritas Pengguna Dana Desa

Prastowo, G. (2013). Strategi Produk Pada PT Astra Internasional Tbk-Honda Cabang Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Prastuti Sulistyorini, Nur Ika Royanti, Era Yunianto. Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pedagang Batik Di Pasar Grosir Sentono). Jurnal LITBANG Kota Pekalongan Tahun 2014

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvesional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(2)

Sari, Santi Permata. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. Economic, Accounting, Management and Business. Vol. 3, No. 3.

Seyadi. (2003). Bumdes Sebagai Alternatif Lembaga Keuangan Desa. Yogyakarta: UPP STM YKPN

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Edisi Ke-3. Bandung: Alfabeta

Swastha, Basu. (1997). Pergeseran Paradigma Dalam Pemasaran. Majalah Kelola No. 15/VI/1997-MM-UGM Yogyakarta

Swastha, Basu. (2005). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Akademi Keuangan Dan Bisnis

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi Offiset. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v13i3.9628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats