Aksi gerakan cuitan #unsikakenapasih di twitter: analisis wacana kritis

Ulliandi Refdi, Mayasari Mayasari, Fardiah Oktariani Lubis

Abstract


Artikel ini membahas tentang cuitan-cuitan pada gerakan #UnsikaKenapaSih di Twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis Norman Fairclough berdasarkan kepada tiga aspek penting yakni: dimensi teks, dimensi discourse practice dan socialcultural practice. Hasil penelitian tersebut adalah (01)  adanya penggunaan kata repitis, majas, dan pemilihan diksi dalam pembangunan wacana pada #UnsikaKenapaSih. (02) terdapat adanya maksud dan tujuan dari pembuat dan respon dari wacana yang dibangun dalam gerakan #UnsikaKenapaSih tersebut. (03) adanya keterkaitan dan faktor aspek sosial dalam terbentuknya wacana dalam gerakan #UnsikaKenapaSih.


Keywords


Cuitan; #unsikakenapasih; analisis wacana kritis

References


Andriani, F. (2018). Fenomena Social Climber Melalui Twitwar. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 349–360.

Cenderamata, R. C. &, & Darmayanti, N. (2019). Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Pemberitaan Selebriti di Media Daring. Jurnal Literasi, 3(April), 1–8.

Firmansyah, M. B. (2018). Analisis Wacana Kritis: Dimensi Sosial dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye. 4, 63–71. https://doi.org/10.31227/osf.io/9tmav

Fitriana P, A., Ema, E., & Lubis, F. O. (2020). Perang Tagar Di Ruang Virtual Diskursus Politik Capres Pasca Debat Putaran Kedua. Jurnal Komunikasi, 12(1), 30. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.5622

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Haryatmoko. (2016). Critical Discourse Analysis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Indah, N., Bakti, H., & Fairclough, N. (2017). Analisis Tekstual dalam Konstruksi Wacana Berita Korupsi di Metro TV dan NET dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 123–129.

Jati, A. S. (2020). Jumlah Pengguna Twitter Meningkat, Tapi... Www.Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5001786/jumlah-pengguna-twitter-meningkat-tapi

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Krismasakti, B. (2019). Instagram Stories dalam Ajang Pengungkapan Eksistensi Diri (Studi Kasus Selebgram @jihanputri). Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 1–14. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/862

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maghvira, G. (2017). Analisis Wacana Kritis pada Pemberitaan TEMPO.CO tentang Kematian Taruna STIP JAKARTA. Jurnal The Messenger, 9(2), 120. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.463

Marzuuqi, S., & Yuliyanto, M. (2019). Twitter Sebagai Media Propaganda (Analisis Wacana pada Tweet @TsamaraDKI dan @FaldoMaldini sebagai Media Propaganda Menjelang Pemilihan Presiden 2019). Interaksi Online, 7(4), 423.

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154

Saraswati, A., & Sartini, N. W. (2017). Wacana Perlawanan Persebaya 1927 terhadap PSSI : Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough ( Persebaya 1927 ’ s Resistance Against PSSI : A Norman Fairclough ’ s Critical Discourse Analysis Study ). Mozaik Humaniora, 17(2), 181–191.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualititatif. Alfabeta.

Sukma, A. D. (2019). Analisis Wacana Kritis Pernyataan Mantan Ketua Umum PSSI dan Gubernur Sumatera Utara “Kalau Wartawan Nya Baik Nanti Timnas Nya Baik†Dalam Tayangan Youtube Kompas TV. Jurnal Linguistik Terapan Politeknik Negeri Malang, 9(2), 21.

Sundoro, P. (2018). Studi Kritis Historis Komunikasi Menteri Penerangan Harmoko Dengan Pers Di Era Orde Baru. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 45–57.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ulliandi Refdi, Mayasari Mayasari, Fardiah Oktariani Lubis


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen