Korelasi gaji, disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan

Bani Anhar, Soehardi Soehardi, Ahmad Taupiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk  mengetahui  ada  atau  tidaknya  pengaruh  gaji, disiplin kerja dan  budaya  organisasi berpengaruh  secara  simultan terhadap  kinerja karyawan. Serta untuk  mengetahui manakah diantara,  gaji, disiplin kerja dan  budaya  organisasi secara parsial berpengaruh  dominan  terhadap  kinerja karyawan. Dalam penelitian  ini pengumpulan data dilakukan dengan 2 cara pertama penelitian langsung yang meliputi observasi, wawancara dan kuesioner. Kedua penelitian kepustakaan yaitu dengan cara membaca literatur-literatur, mengumpulkan bahan-bahan berupa teori-teori, serta konsep-konsep yang mendukung penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan  program  SPSS  25. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan gaji, disiplin kerja dan budaya organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Fastfood Indonesia, Tbk Balikpapan dan ada hubungan yang signifikan secara parsial, bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan dan dominan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Budaya organisasi; kinerja karyawan; ada hubungan

References


Hasibuan,MalayuS.P.,2012.ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta:BumiAksara.

Lahap, Johanudin et.al (2015).A Study of Brand Image Towards Customer Satisfaction in the Malaysian Hotel Industry. 6thInternational Research in Service Management 224 (2016) 149-157. http://www.sciencedirect.com/ science/article/pii/ S1877042816305146. Diakses 13 April 2021.

Mangkunegara,2010,ManajemenSumberDayaManusia.Bandung:RemajaRoskdakarya.

Mathis, Robert L. dan Jhon H. Jackson, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan: Jimmy Salibi dan Bayu Prawira. Jakarta: Salemba Empat.

Munandar, A.S. 2012.Psikologi Industri dan Organisasi. Depok: Universitas. Indonesia (UI Press).

RivaidanMulyadi.2010,ManajemenSumberDayaManusiauntukPerusahaan.Jakarta:RajawaliPers.

Selvakumar, Joshua (2015). Impact of Service Quality on Customer Satisfaction in Public Sector and Private Sector Banks.Tamil Nadu.International Journal Vol VIII, No. 1,1-12 https://www.inflibnet.ac.in/ojs/index.php /PS/article/.../3045. Diakses 13 April 2021.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukamnto, dkk., 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah Kota Samarinda.eJournal Administrative Reform. Vol. 1, No. 2, Halaman 431-443.

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.

Triguno. 2012. Budaya Kerja: Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: Golden Trayon Press.

Wahyuningsih, Sri. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat.eJournal Pemerintahan Integratif. Vol. 2, No. 1, Halaman 70-84




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.9426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bani Anhar, Soehardi Soehardi, Ahmad Taupiq


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen