Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone

Salsabila Triadi, Yustiani Rahayu, Danang Kusnanto

Abstract


Gaya hidup modern yang menuju era digitalisasi memaksa masyarakat menggunakan alat Handphone atau smartphone sebagai alat komunikasi. Gaya hidup dan harga dapat mempengaruhi Keputusan pembelian calon konsumen pada perusahaan dibidang elekronik dimana gaya hidup modern dan harga dapat dijadikan kekuatan dalam menarik konsumen perusahaan Apple terutama Handphone merek Iphone. Dari hasil analisis data, Terdapat pengaruh parsial antara gaya hidup terhadap keputusan pembelian sebesar 4,09% dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 62,04%. sedangkan pengaruh simultan dari gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi sebesar 66,5% % sedangkan sisanya 33,5% merupakan konstribusi variabel Iain yang tidak diteliti. Sampel dilakukan dengan menggunakan metode Incidential Sampling dengan jumlah sampel 186 . Tujuan penelitian ini  yaitu untuk menganalisis Gaya Hidup dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone Pada Marketplace Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Singaperbangsa Karawang. Program komputer yang digunakan yaitu Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16.


Keywords


Gaya hidup; harga; keputusan pembelian

References


Adhianti Laras Pratiwi. 2017. Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Atribut Produk, terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya Di Jakarta Selatan [skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Fahra Destarini, Bono Pramudi. 2020. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis & Manajemen, Volume 10 Nomor 1 (2020).

Fitriana, Yandri Sudodo, dan Lukmanul Hakim. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (studi kasus pada konsumen oriflame di kabupaten sumbawa. Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 No.120 18.

Hadaita Rahma. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopie Martin (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya) [skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Khairul Anas, Muhajirin. 2020. Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Sumbawa. Journal of Business and Economics Research (JBE) Vol 1, No 2, june 2020, Hal. 131-138.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran-jilid dua. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran-jilid satu. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta : Erlangga.

Milly Lingkan Mokoagouw. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 01.

Pristiana Widyastuti. 2018. Kualitas Dan Harga Sebagai Variabel Terpenting Pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 1, Hal 17-28.

Riefky Shaleh. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Gaya Hidup, Harga, Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Stalker Pomade (Studi Kasus Pada Pembeli Minyak Rambut Stalker Pomade Di UN PGRI). Kediri.

Rizki Arianto. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop Cekopi Solo Menggunakan Variabel Intervening Sikap Konsumen [skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. : Andi.

Suci Dwi Pangestu, dan Sri Suryoko. 2016. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada pelanggan peacockoffie semarang). Semarang.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salsabila Triadi, Yustiani Rahayu, Danang Kusnanto


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen