Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat beli

Aditya Ryan Pradipta, Shafira Ramadhanti Salsyabila, Danang Kusnanto

Abstract


Minat Beli pada marketplace Tokopedia dapat dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan  dan Promosi yang baik, dimana Kualitas Pelayanan yang baik dapat meningkatkan Minat Beli berbelanja online di marketplace Tokopedia. Kualitas Pelayanan yang baik akan berpengaruh terhadap Promosi, sehingga Minat Beli berbelanja online di marketplace Tokopedia semakin meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Minat Beli pada marketplace Tokopedia di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan metode Insidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh parsial kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace Tokopedia secara signifikan sebesar 25,7%. Terdapat adanya pengaruh parsial promosi terhadap minat beli pada marketplace Tokopedia secara signifikan sebesar 38,4%. Kemudian adanya pengaruh simultan kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat beli pada marketplace Tokopedia secara positif dan signifikan sebesar 64,3% sedangkan sisanya 35,7% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Kualitas pelayanan; promosi; minat beli

References


Alma, Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Fourteenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Nilasari, Eswika dan Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada

Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Vol. 13, No. 01, Februari – Juli 2015.

Radjab, Enny dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Randhy, Gagar. 2018. Pengaruh Trust dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang [skripsi]. Karawang (ID). Universitas Singaperbangsa Karawang.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke 3. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugianto, Aprilli dan Sarli Rahman. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di Cv. Sinar Abadi Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 7. No. 2, Juni 2019 (174-184).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aditya Ryan Pradipta, Shafira Ramadhanti Salsyabila, Danang Kusnanto


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen