Analisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan aplikasi kredivo di karawang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i2.9197Keywords:
Nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, fintech, kredivoAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, seberapa besar pengaruh nilai pelanggan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) aplikasi fintech. Penelitian ini berfokus kepada salah satu (fintech) yang ada di Indonesia yaitu Kredivo. Jenis metode penelitian yang digunakan ialah analisis dekriptif dan verifikatif, sampel pada penelitian ini adalah 204 orang pengguna kredivo di Karawang. Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuisioner dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi. Nilai validitas sebesar 0,137 dan nilai reabilitas sebesar 0,85. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasaan pelanggan sebesar 58%,dan 42% kepuasan pelanggan dipengaruhi variabel lain.
References
Asia, M. E. (2016). Menara Ekonomi: ISSN : 2407-8565 Volume II No. 3 - April 2016. II(3), 70–76.
Birks, D. F. (n.d.). An Applied Approach Updated Second European Edition.
Budiarti, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan De’ Pans Pancake and Waffle di Kota Malang. Aplikasi Dan Analisis Literatur Fasilkom UI, 4–25.
Dirgantara, O. W., & Manajemen, J. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM KARTINI JEPARA SKRIPSI Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Pada Universitas Negeri Semarang.
Emanda, J. P. P., Santoso, N., & Jonemaro,E. M. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Investasi Syariah Pada PT Maslahat Amanah Umat Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5)(5), 43974405.
Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.307 7
Hutajulu, D. M., Sijabat, Y. P., Putri, A., Retnosari, & Astutik, E. P. (2019). Perkembangan Fintech Lending di Indonesia. Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, 1–15. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan- statistik/fintech/Documents/Perkembangan Fintech Lending Periode November 2019.pdf
Kolonio, J. (2019). Effect of Service Quality, Trust, and Consumer Satisfaction on Consumer Loyalty on Cv. Marine Fiberglass Facilities. Jurnal EMBA, 7(1), 831–840.
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.
M, H., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). Effect of Customer Value and Customer Experience on Customer Satisfaction and Loyalty Pt Meratus Samarinda.International Journal of Economics, Business and Accounting Research(IJEBAR),4(01), 84–94. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.9 09
Mahasiswa, S., Sains, M., & Msm, M. (2015). Meliska Sekar Arum. 1–30
Malhotra, N. K. (2015). ssentials of marketing Research (Global Edi). England: Pearson Education Limited.
Miswan, A. (2019). Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(1).
Permana, I., Putra, K., Hudayah, S., & Achmad, G. N. (2020). 3 1,2,3. 2020(2), 151– 160.
Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, I. S. (2019). Marketing 4.0- Bergerak dari Tradisional ke Digital - Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Iwan Setiawan.pdf.
Rosmawati, R. (2018). Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Watak, V. D., Wadud, M., & Rosni, A. K. (2017). Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Reload Kitchen Kota Palembang. Jurnal Ilimiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(01), 56–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518 is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License