Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee

Aminatu Juhria, Nurtika Meinitasari, Fadel Iqbal Fauzi, Abdul Yusuf

Abstract


Situs E-commerce Shopee saat ini menjadi Situs E-commerce terbanyak yang  digunakan masyarakat Indonesia. Saat periode januari 2018 didapatkan data shopee menempati peringkat pertama  terbanyak  37% responden menggunakan aplikasi shopee pada Riset online yang sudah diteliti di Snapcart kepada  6.000 responden. Maka penulis memprediksi adanya faktor yang memperngaruhi pengunaan tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk, menganalisi, dan menjelaskan adakah pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan di situs E-commerce Shopee. Dalam penelitian ini ada dua  variable yang diteliti, yaitu E-Service Quality (X) dan Kepuasan Pelanggan (Y). Metode untuk menganalisis data yang dipergunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Demi menghasilkan jumlah sampel yang representative, jadi penjumlahan  total sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Karawang. Analisis data menghasilkan pengaruh positif dari variable E-service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil data yang di analisis  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Service Quality (X) dan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial.


Keywords


E-Service quality; kepuasan pelanggan

References


Saragih, Megasari Gusandra. "Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee di Kota Medan)." Jurnal Mantik 3.1, May (2019): 190-195.

Putri, Amelia Eka, and Verinita Verinita. "ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS MELALUI PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PELANGGAN SHOPEE DI KOTA PADANG)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 4.4 (2019): 733-752.

Permana, Hadi, and Tjahjono Djatmiko. "Analisis pengaruh kualitas layanan elektronik (e-service quality) terhadap kepuasan pelanggan shopee di bandung." SOSIOHUMANITAS 20.2 (2018): 64-78.

Setiyaningrum, Ari, and Herlin Hidayat. "Service Quality Dan Kepuasan Konsumen: Studi Empiris Dan Implikasinya Pada Toko Online." MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen 6.2 (2016): 153168.

Imron, Imron. "Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang." Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5.1 (2019): 19-28.

Sastika, Widya. "Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus: Pelanggan Shopee di Kota Bandung 2017)." IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora 2.2 (2018): 69-74.

De Fritz, Puti Queenszya. "Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Kimia Farma Official Shop di E-Marketplace Shopee)." (2020).

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Damara, G. O. L. (2016). Penilaian Kinerja Cerah Jaya Abadi Dengan Metode Balanced Scorecard.

Sugiyono. (2016). Definisi Metode Penelitian.

Wijaya, H. (2019). Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik. 21–40. https://doi.org/10.31219/osf.io/dw7fq

(Studi Kasus Kimia Farma Official Shop di E-Marketplace Shopee) https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2195/PutiQueenszyaDF_103116042.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Ashoer, M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Situs Toko Online Brodo. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 15(3), 238–251.

https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i3.4543

Dr. Sandu Siyoto, SKM, M. K., & M. Ali Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.

Gultom, W. S. T., Yuliati, L. N., & Djohar, S. (2016). Pengaruh Service Quality, Product Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Industri Kayu Perhutani. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 13(2), 109–121. https://doi.org/10.17358/jma.13.2.109

Luz Yolanda Toro Suarez. (2015). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 1–27.

Meinawati, T., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2014). e- service. E-service.

Permana, H., Djatmiko, T., & Telkom, U. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik ( E-Service Quality ) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, XX(1), 201–215.

Puti Queenszya De Fritz. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Kimia Farma Official Shop di E-Marketplace Shopee). 4(September), 42–57.

Sugiyono. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Selama Periode Tahun 2011-2015. “Metode Penelitian Pada Dasarnya Merupakan Cara Ilmiah Untuk Mendapatkan Data Dengan Tujuan Dan Kegunaan Tertentu.†Dalam, 1(2), 47–71.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.9132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aminatu Juhria, Nurtika Meinitasari, Fadel Iqbal Fauzi, Abdul Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen