Pengaruh harga dan promosi grabfood terhadap keputusan pembelian kfc grand wisata di masa pandemi

Ananda Nabilaturrahmah, Irfan Aji Wiranata, Lara Ivona

Abstract


Bisnis kuliner berupa makanan cepat saji memiliki persaingan yang ketat karena banyaknya restoran cepat saji yang menjual makanan sejenis. Harga dan promosi yang ditetapkan oleh perusahaan dapat menjadi strategi utama dalam memenangkan persaingan bisnis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan data empiris serta mendapatkan kepastian tentang suatu fenomena serta kesimpulan tentang Pengaruh Harga dan Promosi GrabFood terhadap Keputusan Pembelian pada KFC Grand Wisata Bekasi di Masa Pandemi. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis jalur. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dari populasi sebanyak 10.582. Metode sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi memiliki korelasi yang kuat serta bernilai positif. Harga memiliki pengaruh parsial terhadap keputusan pembelian sebesar 25,8% sedangkan promosi memiliki pengaruh parsial sebesar 29,6%. Harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar 55,5%.


Keywords


Harga;apromosi; keputusan pembelian

References


Adriansyah, D., Saputri, M. E., Bisnis, P. A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 123–128.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228.

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213–222.

Ghanimata, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang. Skripsi, 1–54. Semarang: Universitas Diponegoro.

KUSNANTO, D., OKTAVIANY, R. A., & RAHMA, R. (2020). Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 40.

M. Kevin Alpioka. (2020). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Aplikasi GrabFood Terhadap Keputusan Pembelian. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Pajrin, N. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kfc Gelael Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Upadhayay, D., Thakkar, H., & Ghiya, N. (2020). A Study of Impact of Promotion and Marketing Campaigns by Online Food Delivery Service on Buying Behavior of Customer of Ahmedabad. SSRN Electronic Journal.

https://apjii.or.id/. (2020, Januari). Data Pengguna Internet di Indonesia. Diakses pada 31 Oktober 2020, dari : https://apjii.or.id/.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.9118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ananda Nabilaturrahmah, Irfan Aji Wiranata, Lara Ivona


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen