Pengaruh country of origin dan kesadaran halal serta harga terhadap minat beli

Annisa Rianti Zahro, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh country of origin dan kesadaran halal serta harga terhadap minat beli konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 85 orang konsumen yang mengkunjungi Running Korean Street Food Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalag Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin dan kesadaran halal serta harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli.

Keywords


Country of origin; kesadaran halal; harga; minat beli

References


Abdillah, Willy dan Jogiyanto Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Ahmad Na, Tunku Abaidah TN dan Abu Yahya MH. 2013. A Study on Halal Food Awareness Among Muslim Customers in Klang Valley. In: 4th Internasional Conference On Business and Economic Reasearch Proceeding, Bandung.

Ahmed, Zafar U, James P Johnson, and Lim Chee Boon (2004), Does Country of Origin Mater for Low-Involvement Products?. International Marketing Review. Vol. 12, No. 1, pp. 102-120.

Aziz Y.A. and Vui C.N., .2013. The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach. Journal of International Food and Agribusiness Marketing. 25(1), pp.1-23.

Badri, Masood A, Donald L Davis and Donna F Davis (1995), Decision Support for Global Marketing Strategies: The effect of Country-of-Origin on Product Evaluation. Journal of Product and Brand Management. Vol. 4, No. 5, pp.49-64

Dinata, Jovita S., Srikandi Kumadji dan Kadarisman Hidayat. 2015. Country Of Origin dan Pengaruhnya Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 No.1.

Faryadi, Hendrawan Eka. 2017. Analisis Prngaruh Citra Negara Asal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen APPLE Smartphone Di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fure, H. 2013. Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1 No.3 Hal. 273-283.

Gozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program smartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponeogoro.

Gayakompas.co. 2020. Banyak Penggemar Makanan Korea Pun Kini Tunggu Sertifikasi Halal.https://gaya.tempo.co/read/1273947/banyak-penggemar-makanan-korea-pun-kini-tunggu-sertifikasi-halal/full&view=ok. Diakses tanggal 14 Februari 2020.

Harjanti, S. 2018. Pengaruh Country Of Origin, Merek, dan Harga pada Niat Beli Konsumen Produk Mobil Di Yogyakarta. Vol.16, No. 1.

Hseish,M..H.,Pan,,S.L.,Setiono,R. 2004. Product, corporate and country of origin dimentions and purchase behavior: A multicountry analysis. Journal of the Academic of Marketing Science. Volume 32, No. 3, pages 251-270.

Hussein, Ananda Sabil.2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. UB Press Malang.

Izzuddin, Ahmad. 2018. Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember, Hal 287-294.

Jaya I Gede Nyoman Mindra dan I Made Sumertajaya. 2008. Pemodalan Persamaan Struktural Dengan Partial Least Square, Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika: 118-132.

Krisjanti, W Mahestu Noviandra. 2007. Evaluasi Pengaruh Country Of Origin, Merek, dan Harga Pada Pembelian Produk Susu Import. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Volume 11, No.1, Hal. 67.

Lada, S., Tanakinjal, H. G., and Amin, H. 2009. Predicting Intention to Choose Halal Products Using Theory of Reasoned Action.International JournalIslamic and Middle Eastern Finance and Management. 2(1), 66-76.

Laroche, Michel, et al. 2003. The influence of country image structure on consumer evaluations of foreign products. International Marketing Review, Vol. 22 No. 1, 2005, hal. 96-115.

Nofianti KA. dan Rofiqoh SNI. 2019. Kesadara dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli ? (Studi Pada Praktisi Bisnis UMKM Di Gresik). Journal of Halal Product and Research. Volume 2 Nomor 1.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran modern. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.

Permana, Magyar Slamet dan Jony Oktavian Haryanto. 2014. Pengaruh Country Of Origin, Brand Image dan Persepsi Kualitas Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen. Volume XVIII, No. 03 Oktober 2014: 365-380.

Purnomo, Eko, Yulfita Aini dan Makmur. 2016. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengairan.

Putri, Citra Sugianto. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1, Nomor 5.

Satria, Arief Adi. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36.Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 2, Nomor 1.

Setiyaningrum, Ari. Peran Dimensi-Dimensi Country Of Origin (COO), Consumer Ethnocentrism, dan Keterlibatan Produk Pada Niat Beli Konsumen Terhadap Merek Global. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Setyaningsih D.E dan Marwansyah S. 2019. The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Journal of Islamic Economics.Finance and Banking. Vol. 3 No.1.

Shaari, J. A. N. And Arifin, N. S. 2010. Dimensi of Halal Purchase Intention: A Preliminary Study. International Review of Business Research Papers. 6(4), 7-10.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suwandari, Lusi. 2008. Pengaruh Promotional Mix pada Peningkatan Volume Penjualan Kosmetika Skiva PT. Cosmolab Prima di Purwakerto : STIMIK Amikom. Jurnal Pro Bisnis, Vol.1, No.1, Agustus 2008.

Yanthi, Kadek Pratita dan I Made Jatra. 2015. Pengaruh Country Of Origin, Brand Image, dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Beat Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 11.

Yunus M., Rashid W., Ariffin M., & Rasyid M. 2014. Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social And Behavioral Sciences. 145 – 154.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Yogyakarta: INTERPENA.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.9055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annisa Rianti Zahro, Alexander Sampeliling


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen