Pengaruh trust costomer dan perceived easeofuse serta buying decision dan repurchase intention

Sumarni Sumarni, Tetra Hidayati, Gusti Noorlitaria Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh trust costomer dan perseived ease ofuse terhadap perseived usefulness dan repurchase intention. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah trust costomer dan perceived ease ofuse dan perceived usefulness Sementara variabel terikat adalah buying decision dan repurchase intention. Penelitian ini dilakukan pada pengguna jasa pesan antar melalui aplikasi ojek online yang terdiri dari 100 responden. Analisis data menggunakan teknik analisis PLS (Parsial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust costomer berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Buying decision, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived ease ofuse berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Buying Decision, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Decision, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust Costomer berpengaruh Negatif dan tidak signifikan terhadap Repuchase intention, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived ease ofuse berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Repuchase intention, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived usefulness berpengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap Repuchase intention, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Buying Decision berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Repuchase intention.


Keywords


Trust costomer; perceived ease ofuse; perceived usefulness; buying decision; repurchase intention

References


Arif, maharama reza. 2018. “pengaruh kepercayaan, kemudahan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian jasa gojek di kota semarang yang dimediasi minat beli sebagai variabel intervening.†19: 203–13.

Assegaff. 2015. “pengaruh trust (kepercayaan) dan online shopping experiences (pengalaman berbelanja online) terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja online: prespektif konsumen di indonesia.†Jurnal aplikasi manajemen (jam) 13(nomor 3): 463–73.

Cristopher, lovelock. 2010. Pemasaran jasa manusia,teknologi, strategi. Edisi 7. Ed. Sallama i. Novietha. Jakarta: erlangga.

Chen, haiquan, huan wang, and li liu. 2017. “research on the influence of recommended sources on the adoption intention in online shopping environment.†: 413–24.

Hair, f . Joseph. 2014. 16 statistica neerlandica multivariate data analysis. Edisi 8.

Eliyandi. 2013. “analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan implikasinya pada minat beli ulang.†Trikonomika 12(2): 190.

Hildaria, Helena. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Pengalaman Berbelanja, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.†Universitas Sanata Dharma.

Kotler philip, keller. 2009. Manajemen pemasaran. Edisi ke t. Ed. Maulana adi. Jakarta: penerbit erlangga.

Kotler, philip, and kevin lane keller. 2012. Marketing management.

Kuncoro, mudrajad. 2013. “metode riset untuk bisnis & ekonomi.†In penerbit erlangga, ed. Hardani wibi. Erlangga.

Kodu, sarini. 2012. “harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza.†Jurnal emba 1(3): 1251–59.

Luh, ni, and nyoman sherina. 2014. “analisis technology acceptance model ( tam ) terhadap penggunaan sistem informasi di nusa dua beach hotel & spa.†1: 167–84.

Muzakki. 2016. “pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan aplikasi, dan jumlah armada terhadap keputusan konsumen.†: 82–94.

Marlius, doni. 2017. “keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pt. Intercom mobilindo padang.†Jurnal pundi 01(01): 57–66.

Nugroho, yan ari. 2009. “the effect of perceived ease of use , perceive of usefulness , perceive risk and trust towards behavior intention in transaction by internet.†9(1): 79–90.

Regina. 2015. “the influence of perceived ease of use, perceived usefulness and trust on repurchase intention of lion air e-ticket.†Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi 3(3): 950–58.

Satria. 2018. “pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi harga dan pemasaran internet terhadap pemesanan ulang online hotel di bali.†E-jurnal ekonomi dan bisnis universitas udayana 10: 2247.

Sanadji mamang etta, sopiah. 2013. Perilaku konsumen. Edisi 1. Ed. Andi. Yogyakarta.

Schiffman, leon g, and leslie lazar kanuk. 2007. Perilaku konsumen.

Trisnawati, ella, agus suroso, and untung kumorohadi. 2012. “analisis faktor-faktor kunci dari niat pembelian kembali secara.†Jurnal bisnis dan ekonomi (jbe) 19(2): 126–41.

Wahyuningtyas, retno asri. 2016b. “pengaruh persepsi kemudahan terhadap niat beli ulang dengan persepsi kegunaan sebagai variabel intervening (studi pada pengguna layanan aplikasi go-jek di surabaya).†4: 1–10.

Wang, edward shih-tse, and nicole pei-yu chou. 2014. “consumer characteristics , social influence , and system factors on online group-buying repurchasing intention graduate institute of bio-industry management.†15(2): 119–32.

Wiyono, M. M. D. G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 (2011th ed.). Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.8560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumarni Sumarni, Tetra Hidayati, Gusti Noorlitaria Achmad


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen