Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi dompet digital go-pay

Ika Sri Astuti, Edi Suswardji Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan apakah faktor pengetahuan konsumen, fitur layanan, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, promosi penjualan, harga (top-up) dan kepercayaan mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital go-pay. Serta untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan faktor mana saja yang memberikan pengaruh dominan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan dompet digital go-pay. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan dan media online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi dompet digital go-pay di Kecamatan Telukjambe Timur dengan sampel yang digunakan sebanyak 180 responden, menggunakan teknik sampling non probability sampling Ditentukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil  penelitian menunjukkan bahwa hasil total explained menunjukkan terdapat 9 faktor yang terbentuk yaitu faktor keterjangkauan harga dengan total variance sebesar (12,051%), faktor meningkatkan produktivitas (10,200%), faktor kemudahan akses informasi (9,512%), faktor kualitas promosi (6,909%)  faktor fitur produk atau jasa (6,193%), faktor inovasi produk atau jasa (5,488%), faktor terampil (5,329%), faktor informasi sesuai fakta (4,844%), dan faktor kepuasan dan keamanan (4,546%). Faktor dominan yang paling mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan aplikasi dompet digital go-pay di Kecamatan Telukjambe Timur yaitu faktor keterjangkauan harga dengan nilai total variance sebesar 12,051%.


Keywords


Minat masyarakat; dompet digital; go-pay

References


Aditya, S., Rosiyadi, D., Gata, W., & Husain, S. M. (2019). Analisis Sentimen E-Wallet Pada Google Play Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization, 3, 377–382.

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku Di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473–478. https://doi.org/ISSN 2337 - 6078

Evy Nur Sugiarti, Nur Diana, M. C. M. (2019). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. E-JRA, 08(4), 90–104.

Fajriani, M. N., & Silvianita, A. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mendorong Kinerja Karyawan PT ANTAM TBK. ADHUM, IX(1), 23–30.

Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang, 5(2), 137–160.

Pamungkas, S. (2018). pengaruh kepercayaan, kegunaan dan kemudahan terhadap minat menggunakan mobile money t-cash studi pada mahasiswa jurusan perbankan syariah IAIN Surakarta. Skripsi.

Pratiwi, M. T., Indriani, F., & Sugiarto, J. (2017). Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Minat Menggunakan T-Cash di Kota Semarang. Manajemen. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.

Rukmanasari, F. (2017). Pengaruh Pengetahuan,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. Skripsi.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.8546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ika Sri Astuti, Edi Suswardji Nugroho


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen