Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee

Shafira Ramadhanti Salsyabila, Aditya Ryan Pradipta, Danang Kusnanto

Abstract


Minat Beli pada marketplace Shopee dapat dipengaruhi oleh Promosi dan Kualitas Pelayanan yang baik, dimana Promosi yang baik dapat meningkatkan Minat Beli berbelanja online di marketplace Shopee. Kualitas Pelayanan yang baik akan berpengaruh terhadap Promosi, sehingga Minat Beli berbelanja online di marketplace Shopee semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada marketplace Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 186 responden menggunakan metode Insidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh parsial promosi terhadap Minat Beli pada marketplace Shopee secara signifikan sebesar 37.4%. Terdapat adanya pengaruh parsial kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace Shopee secara signifikan sebesar 18%. Kemudian adanya pengaruh simultan promosi dan kualitas Pelayanan terhadap minat Beli pada marketplace Shopee secara positif dan signifikan sebesar 55,4% sedangkan sisanya 44,6% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Promosi; Kualitas Pelayanan; Minat Beli

References


Abdurahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Apriyanto. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan [skripsi]. Karawang (ID): Universitas Singaperbangsa Karawang.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee [skripsi]. Surabaya (ID): Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ekasari, Risma Pebriana. 2018. Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop Shopee.co.id [skripsi]. Karawang (ID): Universitas Singaperbangsa Karawang.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Fourteenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Hafij Mashuri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza [skripsi]. Karawang (ID): Universitas Singaperbangsa Karawang.

Meidita, Yusrini, Suprapto, dan Retno Indah Rokhmawati. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce (Studi Kasus : Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, November 2018, hlm. 5682-5690.

Nasution, Melissa Jaya. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online Shopee [skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.

Permana, Hadi dan Tjahjono Djatmiko. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Di Bandung. Jurnal Sosiohumanitas, vol. XX Edisi 2, Agustus 2018: 201-215.

Radjab, Enny dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Rahayu, Evita. 2018. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty Pada Toko Online Shopee [skripsi]. Jakarta (ID): Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Satria, Arief Adi. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, volume 2, nomor 1, April 2017: 45-53.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.8509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shafira Ramadhanti Salsyabila, Aditya Ryan Pradipta, Danang Kusnanto


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen