Pengaruh penggunaan debit card, credit card, e-money, dan e-wallet terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa

Ainun Yaumil Achir, Trias Madanika Kusumaningrum

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan Kartu Debit, Kartu Kredit, E-Money, dan E-Wallet terhadap Pengeluaran Konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai sumber datanya. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah sampel mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang telah menggunakan uang elektronik. Analisis data dengan analisis regresi linier berganda pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kartu Debit dan E-Money secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi. Artinya, peningkatan penggunaan kartu debit dan atau e-Money juga akan meningkatkan pengeluaran konsumsi secara signifikan. Kartu kredit dan e-Wallet tidak berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran konsumsi. Penggunaan seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, E-Money dan E-Wallet dapat berkontribusi 37,2% terhadap perubahan pengeluaran konsumsi.


Keywords


Konsumsi; kartu kredit; kartu debit; E-Money; E-Wallet

References


Adiyanti, Arsita I. 2015. “Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-moneyâ€. Thesis. Malang: Universitas Brawijaya.

Arthesa dan Handiman. Edia. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: Indeks.

Braga, Farah Diba Abrantes; Isabella, Giuliana; and Mazzon, José Afonso. (2013), “Do Digital Wallets as a Payment Method Influence Consumer in Their Buying Behavior? Comportamento Do Consumidor; Dinheiro Eletrônico. Volume XXXVII.

Dumairy. (1997). Perekonomian Indonesia, Penerbit Erlangga, Jakarta

Fatmasari, Dewi; Waridin, Akhmad Syakir Kurnia; and Amin, Rizaldi. (2019). Use of E-Money and Debit Cards in Student Consumption Behavior. E3S Web of Conferences. DOI: 10.1051/e3sconf/201912503013

Gintting, Zakhariantara; Djambak, Syaipan; dan Mukhlis. (2018). Dampak transaksi non tunai terhadap perputaran uang di Indonesia Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 16 (2): pp. 44-55.

Hidayati, Siti. (2006). Kajian Operasional E-Money. Jakarta : Bank Indonesia.

Igamo, A. M. & Telisa Aulia Falianty. (2018). The Impact of Electronic Money on The Efficiency of The Payment System And The Substitution of Cash In Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business. SIJDEB, 2(3), 237-254.

Indrianawati, Entika dan Soesatyo, Yoyok (2015). Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Pengetahuan Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, Vol. 3. No. 1

Isyani & Maulidyah Indira Hasmarini. (2005). “Analisis Konsumsi Masyarakat di Indonesia Tahun 1989 – 2002 (Tinjauan Terhadap Hipotesis Keynes dan Post Keynesâ€, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. VI, Hal 143 – 162

Koparal, C., & Calik, N. (2014). Hedonic Consumption Characteristics Related to Products and Services where Fashion Involvement Plays an Important Role, a Field Study from Eskisehir Turkey. International Journal of Social Sciences, IV(1), pp. 14-39.

Kuganathan, K.V. and Wikramanayake, G.N. (2014), Next generation smart transaction touchpointsâ€. International Conference on Advances in ICT for Emerging Regions (ICTer). Colombo, pp. 96-102.

Kumari, Neetu & Khanna, Jhanvi. (2016). Cashless Payment: A Behaviourial Change To Economic Growth. International Journal of Scientific REsearch and Education. Volume 5. Issue 07. pp. 6701-6710.

Lusia Tria Hatmanti Hutami, Ignatius Soni kurniawan. (2019). The Analysis of Marketing performance in Yogyakarta. Journal Management, Vol. 8, No 2, Hal 136 – 145.

Marc Hollanders. (2019). Innovations in retail payments and the BIS statistics on payment and settlement systems. Proceedings of the IFC Conference on "Measuring financial innovation and its impact", Basel, 26-27, vol. 31, pp 431-438.

Parker Cathy Corby; Wironen, James; Murphy, Mollie G.; and Mahoney, Kevin J. (2011). Debit Card Fundamentals and Their Use in Government Programs. Spring 2011, pp. 1-13

Pramono, B. (2006). Dampak Pembayaran Non Tunai Terhadap Perekonomian Dan Kebijakan Moneter. Jakarta: Bank Indonesia

Putri Ratna Nelasari dan Hendry Cahyono. (2018). Pengaruh Sistem Transaksi Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam. Volume 1 Nomor 2. h. 165-171

Ramadani, Laila. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. JESP-Vol. 8, No 1 Maret 2016. pp. 1-8

Regi, Bulomine. (2016). Credit Card-A Way To Generate Legitimate Money For Payments. International Journal of Research Granthaalayah. Vol. 4. pp. 1-8

Rosyidi, Suherman. (2006). Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro (Edisi Revisi). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Runnemark, Emma; Hedman, Jonas; Xiao, Xiao. (2015). Do Consumers Pay More Using Debit Cards than Cash. Electronic Commerce Research and Applications, Vol. 14, No. 5, 2015, p. 285–291.

Samuelson, Paul A. Dan Nordhaus William D. 1996. Makro Ekonomi. Edisi ke-17. Cetakan ketiga. Jakarta: Erlangga.

Saraswati, Nurma & Mukhlis, Imam. (2018). The Influence of Debit Card, Credit Card, and E-Money Transactions Toward Currency Demand in Indonesia. Quantitative Economics Research. Vol 1, No 2, 2018, pp. 87–94

Sukirno, Sadono. 2000. Makroekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Drafindo. Persada.

Udhayaraj and Jocil. (2018). A Study On “Electronic Payment System†- “E-Walletâ€. International Journal of Emerging Technology in Computer Science & Electronics (IJETCSE). Volume 24 Issue 3. pp. 60-62

Upadhayaya, Abhay. (2012). Electronic Commerce and E-wallet. International Journal of Recent Research and Review, Vol. I, pp. 37-41

Wulandari, Dwi; Soseco, Thomas; and Narmaditya, Bagus Shandy. (2016). Analysis of the Use of Electronic Money in Efforts to Support the Less Cash Society. International Finance and Banking. Vol. 3, No. 1. pp. 1-10.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.8503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainun Yaumil Achir, Trias Madanika Kusumaningrum


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen