Analisa peramalan penjualan produk retailer pada pt.abc menggunakan laporan penjualan 2018 dan 2019
Abstract
Tujuan penulis melakukan penelitian pada bisnis UMKM PT ABC untuk mengetahui tingkat penjualan produk isi tabung gas dan air mineral kemasan gallon tahun 2018 dan 2019, dan ramalan penjualan tahun 2020 dan 2021 dengan metode Regresi Linier Sederhana. Data yang digunakan data sekunder yaitu data penjualan 2018 dan 2019 sedangkan data lain diperoleh dari studi pustaka dari buku-buku, website, jurnal internasional/nasional. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target penjualan PT. ABC sudah berhasil karena dapat menjual diatas target yang telah ditentukan perbulan yaitu sebesar 10.000 pcs kemasan gallon, gas 3 kg sebanyak 5.000 dan gas 12kg sebanyak 500. Selama 2 tahun periode penelitian yang dilaksanakan, perusahaan tidak memiliki peningkatan ataupun penurunan target penjualan. Penelitian ini mencangkup 2 tahun laporan penjualan dengan mencangkup 12 bulan pertahun sehingga total bulan yang digunakan ialah 24 bulan. Data tahun yang digunakan ialah tahun 2018 sampai tahun 2019.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Martiningtyas, Nining. (2004). Buku Materi Kuliah STIKOM Statistika. Surabaya: STIKOM Yuliantini, Septiana Nata. (2018). Analisis trend Penjualan produk.
Kusuma, Budhi Santri, (2015). Analisa peramalan Permintaan Air Mineral.
Greene, William H, Econometric Analysis, 8th edition, Pearson
Performance of state space and ARIMA models for consumer retail sales, forecastingRobotics and Computer- Integrated Manufacturing, (2015)
Damodar, Gujarati. (2015). Econometrics by Example, 2nd Ed, Palgrave McMillan education
William J, Stevenson. Sum Chee Chuong. (2013). Manajemen Operasi Perspektif 110 Asia, Edisi
Alih Bahasa: Diana Angelica, David Wijaya dan Hirson Kurnia. (2014).
Fachrurrazi, Sayed. (2015). Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Pada Toko Obat Bintang Geurugok
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks
Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4 th edition. New York: Mc. Graw Hill, Irwin
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.8454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Francisca Hermawan, Set Diana Stephani, Yudith Dyah Hapsari
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen