Pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen

Laras Widyastuti, Husnayetti Husnayetti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kebijakan penerapan kualitas pelayanan dan pengembangan inovasi produk yang dilakukan oleh PT Rama Karyakarsa Bendari (Interval Easy Hangout) Tangerang Selatan. Desain penelitian menggunakan metode asosiatif kuantitatif yaitu mengetahui hubungan antara dua variabel dependen, kualitas pelayanan (X1) dan inovasi produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh nilai analisa regresi berganda yaitu Y = 3,131 + 0,129 (X1) – 0,355 (X2), untuk hasil analisis koefisien kolerasi yaitu 0,826, untuk nilai koefisien determinasi yaitu 68,2% hal ini menunjukkan bahwa kontribusi Kualitas Pelayanan (X1) dan Inovasi Produk (X2) berpengaruh kuat terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) pada PT Rama Karyakarsa Bendari (Interval Easy Hangout) Tangerang Selatan. Sebesar 68,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) bahwa thitung 4,726 > ttabel 1,984. Sedangkan  hasil dari tabel uji t Inovasi Produk (X2) diketahui bahwa thitung Inovasi Produk (X2) 4,062 > ttabel 1,984.


Keywords


Kualitas pelayanan; inovasi produk; kepuasan konsumen

References


Agus, Rahayu., dan Gita, Anggraeni. (2009). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal strategic. 8(16): h: 1-20.

Agung, I. M. (2016). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Caffe Fruit Refresso di Tulungagung). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 4, 129-138.

Caesar, M. S. D. P., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Journal Manajemen Unud, 6(3), 1674-1700.

Dwi Aliyyah Apriyanti, Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Tittle A Coffe Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Vol. 51 No. 2

Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi, Inovasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Almanda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-18.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran Jilid I edisi 12. Alih bahasa oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Lupiyoadi, R. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhalindo.

Prasajo, R. D., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass 0797 Kencanasari 1 Surabaya. Jurnal Ilmu Riset Dan Manajemen, 5(8), 90-113.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualifikasi, dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sujadi, T. P ., & Wahyono. (2015). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen The Botol Sosro. Management Analysis Journal, 4(4), 326-332.

Tjiptono, F., Chandra, G. 2015. Service, Quality, dan Satisfaction . Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Utama, Made Suyana. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar : CV Sastra Utama.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.8156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laras Widyastuti, Husnayetti Husnayetti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen