Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen

Benedhita Devina, Asep Rokhyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di ACC (Astra Credit Company) cabang Balikpapan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 point, untuk mengukur 35 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, promosi  dan kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing ACC cabang Balikpapan, promosi dan kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa leasing ACC cabang Balikpapan yang dimediasi oleh kepuasan konsumen.

The purpose of this study was to determine the effect of promotion and service quality on the decision to use leasing services that are mediated by customer satisfaction. This research was conducted at ACC (Astra Credit Companies) branch Balikpapan. The sample was taken from 100 respondents with a purposive sampling method. Questionnaire data was collected with a 5-point likert scale to measure 35 indicators. Analysis technique using path analysis. The results of this study indicate that promotion and service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, direct promotion and service quality has a positive and significant effect on the decision to use leasing services from ACC branch Balikpapan, promotion and service quality indirectly affects the decision to use leasing services ACC branch Balikpapan which is mediated by consumer satisfaction.


Keywords


Promosi; kualitas pelayanan; kepuasan konsumen; keputusan menggunakan jasa leasing

References


Kotler Philip, (2000), “Manajemen Pemasaran Edisi Milenium”, Jakarta: Prenhallindo.

Kotler dan Amstrong, (2008), “Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1”, Jakarta. Erlangga.

Kotler Philip, Keller Kevin Lane, (2009), “Manajemen Pemasaran Edisi Milenium”, Jakarta: Indeks, 12.

Priyono, Anggun, (2015), “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Pengunjung sebagai Variabel Intervening pada Objek Wisata Museum Sangiran Kabupaten Sragen”, Lib.Unnes.ac.id/6077.

Shamout, Mohamed, (2016), “The Impact of Promotional Tools on Consumer Buying Behavior in Retail Market”, International Journal of Business and Social Science, Vol.7, No.1.

Khan, Mubbsher, (2014), “Impact of Service Quality on Customer Satisfaction and Customer Loyalty: Evidence from Banking Sector”, Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, Vol 8(2), 331-354.

Daud, Denny, (2013), “Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4.

Ari Ardiansah, Muhammad dan Aryanto, Rudy, (2012), “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian serta Dampaknya terhadap Proses Keputusan Pembelian J&C Cookies”, Eprints binus.ac.id.

Dizza, Farah dan Ogi, Imelda, (2016), “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen (Study pada PT. FIFGroup cabang Manado)”, Jurnal EMBA, Vol. 4, No. 1.

Laely, Nur dan Panjaitan, Hotman, (2017), “The Role of Relationship Marketing, and Satisfaction as Variable Mediation : Study at Bank BPR UMKM East Java in Surabaya”, International Review of Management and Marketing, Vol. 7(5), No. 105-112.

Halim, Peter, (2014), “The Influence of Product Quality, Brand Image, and Quality of Service to Customer Trust and Implication on Customer Loyalty (Survei on Customer Brand Sharp Electronics Product at the South Kalimantan Province”, European Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 29.

Yulianto, Ismail, (2010), “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. FIF cabang Semarang”, eprints.undip.ac.id/22702.

Rini, Elis, (2013), “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen dalam Memanfaatkan Jasa Leasing pada PT. Bussan Auto Finance cabang Pasuruan”, repository.unej.ac.id/handle/123456789.

Ishaq, Muhammad, (2014), “Role of Corporate Image, Product Quality and Customer Value in Customer Loyalty : Intervening Effect of Customer Satisfaction”, Journal of Basic and Applied, Vol. 4, No. 89-97.

Nazilah, Rachmi, (2015), “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pembiayaan PT Astra Sedaya Finance(ACC) cabang Surabaya”, karyailmiah.narotama.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i1.4671

Refbacks



Copyright (c) 2019 Benedhita Devina, Asep Rokhyadi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen