Analisis faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor property and real estate building yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Nico Ananda Rizky, Irsan Tricahyadinata, Justina Ade Judiarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh return on equity, net profit margin dan earnings per share terhadap harga saham. Model analisis penelitian ini menggunakan fixed effect method (FEM). Populasi dari penelitian ini adalah 58 perusahaan Property Real Estate and Building Construction. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 29 perusahaan Property Real Estate and Building Construction yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan melalui situs idx periode 2012-2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Equity berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, Net Profit Margin berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham, dan earnings per share berpengaruh positifsignifikan terhadap harga saham.


Keywords


return on equity; net profit margin; earnings per share; harga saham; perusahaan property real estate and building construction

References


Alexandri, Moh. Benny. 2008. Manajemen Keuangan Bisnis. Cetakan Kesatu. Bandung : Alfabeta.

Brigham dan Houston. 2010. Dasar - Dasar Manajemen keuangan Buku 1 (Edisi 11). Jakarta : Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Fachruddin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Gitman, L. J. 2006. Principles of Managerial Finance 10th edition, Addison Wesley , USA.

Jogiyanto. 2005. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketiga. Yogyakarta. BPFE.

Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, edisi revisi, cetakan 12. Jakarta: Rajawali Pers.

Nur Indahsafitri, P dan Budi Wahono. 2017. Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin, Gross Profit Margin, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan YangTerdaftar dalam Lq45 di BEI.

Ratih, Dorothea dan Apriatni E.P. 2013. Pengaruh EPS, PER, DER, ROE Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal 1-12.

Sawidji, Widioatmodjo. 2012. Cara Cepat Memulai Investasi Saham Panduan Bagi Pemula. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Syamsuddin, 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Kanisius.

Alpiani, K., Ilmi, Z., & Tricahyadinata, I. (2018). Kinerja keuangan berbasis penciptaan nilai terhadap return saham. JURNAL MANAJEMEN, 9(2), 69-75.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v10i2.4105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nico Ananda Rizky, Irsan Tricahyadinata, Justina Ade Judiarni


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen