Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian

Herwin Herwin, Syarifah Hudayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi Traveloka. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Harga dan Kualitas Layanan sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada penguna aplikasi traveloka di Samarinda yang terdiri dari 50 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup, responden hanya memilih jawaban dari opsi yang telah ditentukan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui software SPSS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas layanan secara positif dan signifikan mampu mempengaruhi keputusan pembelian.


Keywords


Harga; kualitas layanan; keputusan pembelian

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi Offset.

Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiolan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal of Management, 2(2), 17 halaman.

Amrullah, Siburian, P. S., & ZA, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). 3(6), 261–272. https://doi.org/10.21276/sb

Chandra, S. M., & Tielung, M. V. J. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 959–970.

Daud, D. (2013). Promosi Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada Pt. Bess Finance Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 51–59.

Elsa, A., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Bandoeng Guest House Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–6.

Fajar Fahrudin, M., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(1), 149. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.478

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firdausy, C. M., & Idawati, R. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration Volume, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.32.1004

Foster, B. (2017). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023

Jannah, H. S., & Naufal, M. (2012). Penegakan Hukum Cyber Crime Ditinjau Dari Hukum Positif Dan Hukum Islam. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, 12(1), 69–84.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3), 1251–1259. https://doi.org/10.1002/pola.21914

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (14th ed.). Erlangga.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Ilman, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Meliana, Sulistiono, & Setiawan, B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 247–254. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.273

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Cv. Xp Computer, Boyolali). EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 14–24. https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.262

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.

Sagita, F. E. (2012). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried Chicken (Kfc) Di Cabang Basko Grand Mall Oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang. 1–8.

Sawitri, N. P., Yasa, N. N. K., & Jawas, A. (2013). Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Tegal Sari Accommodation Di Ubud. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(1), 40–47.

Setiawanm, D., & Maskan, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Semoga Jaya Kediri. Jurnal Aplikasi Bisnis, 62–67.

Setiawati, E., & Winadi Prasetyoning Tyas, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung Di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat ISBN: 978-979-3649-81-8, 978–979.

Sudaryanto, S., Subagio, N. A., Awaliyah, I. N., Wulandari, D., & Hanim, A. (2019). Influence of brand image, price and promotion on consumer’s buying decision of fast moving consumer’s goods with culture as a moderating variable in basmallah retail store in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 85–92.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian (p. 29).

Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 47–61.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (3rd ed.). Andi.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Onlineshop “Numira” Semarang. Journal of Management, 2(2), 1–18.

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 277. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i2.277-297

Walukow, A. L. P., Mananeke, L., & Sepang, J. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 4(2), 5–37.

Waluya, A. I., Iqbal, M. A., & Indradewa, R. (2019). How product quality, brand image, and customer satisfaction affect the purchase decisions of Indonesian automotive customers. International Journal of Services, Economics and Management, 10(2), 177–193. https://doi.org/10.1504/IJSEM.2019.100944




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.12186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herwin Herwin, Syarifah Hudayah


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen