Apakah persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan dan penggunaan aktual pada aplikasi pembayaran digital?

Fazriansyah Fazriansyah, Nilam Anggar Sari, Mawardi Mawardi

Abstract


Kehadiran sistem pembayaran berupa E-Wallet telah menggantikan peranan uang tunai, namun hadirnya sistem informasi baru membutuhkan proses transisi bagi penerimaannya mengingat adanya proses konflik dalam adaptasi. Sebagian masyarakat masih berfikir bahwa teknologi pembayaran akan menyulitkan mereka dalam bertransaksi karena sudah terbiasa dan nyaman dengan cara pembayaran manual. Seiring dengan populernya aplikasi pembayaran digital ternyata tidak dibarengi dengan tingginya intention to use serta actual use pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kutai Kartanegara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Technology Acceptence Model (TAM) yang terdiri atas variable persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, niat untuk menggunakan dan penggunaan aktual dalam aplikasi pembayaran digital. Sampel penelitian yaitu 70 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara yang menggunakan aplikasi pembayaran digital. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS versi 3.2.7. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan. Persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk menggunakan. Niat untuk menggunakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan actual.


Keywords


Persepsi kemudahan penggunaan; persepsi kegunaan; niat untuk menggunakan; penggunaan aktual

References


Aghdaie, S.F.A., Sanayei, A., and Etebari, M., 2012,Evaluation of the consumer’s trust effect on viral marketing acceptance based on the technology acceptance model,International Journal of Marketing Studies, Vol. 4, No. 6, Published by Canadian Centerof Science and Education.

Aji, H. M., Berakon, I., & Husin, M. M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business & Management, 7(1).

Anggraeni Rila (2015), “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Dan Penggunaan Aktual Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)†Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 20, Nomor 1, Maret 2015, hlm 1-52.

Anisah Luvi, 2019 “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Penggunaan Website Dan Aplikasi Shoppe Untuk Berbelanja Online Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma†Skripsi Mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Aulina Refila, 2018, Pengaruh Technologi Acceptance Model (TAM) Pada Intention To Use Internet Banking Perbankan Syariah Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variable Intervening Studi Pada Mahasiswa Pelaku Usaha Di Kota Malang†Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arts, J.W.C., Frambach, R.T., and Bijmolt, T.H.A., 2011, Generalizations on consumer innovation adoption: A meta-analysis on drivers of intention and behavior, International Journal of Research InMarketing, Vol. 28, No.2

Bouwman, M.E., 2011, Revising the TAM in hedonic information systems: The influence of the TAM, perceived enjoyment, innovativeness and extraversion on the useof location-based social networks, University of Twente, Faculty of Behavioural Sciences, Department of Media, Communication & Organisation, Thesis.

Davis, F.D., 1989, Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptanceof information technology, MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3, pp. 319-340, Published by Management Information Systems ResearchCenter, University of Minnesota

Dewi Mahrani Rangkuty (2021), Apakah Penggunaan E-wallet Masa Pandemi Covid-19 Semakin Meningkat di Indonesia?. Jurnal Universitas Pembangunan Panca Budi, Vol. 01, No. 01, 2021.

Henderson, R., and Divett, M.J., 2003, Perceived usefulness, ease of use and electronicsupermarket use, International Journal Human-Computer Studies, Issue 59, pp. 383-395, Retrieved from www.proquest.com

Jogiyanto, (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kim, M., and Qu, H., 2014, Traveler’s behavioral intention toward hotel self-servicekiosks usage, International Journal ofContemporary Hospitality Management, Vol. 26, No. 2, pp. 225-245, Published by Emerald Group Publishing Limited 09596119Järnefelt, P., 2013, An empirical studyon the adoption of mobile location-based advertising, Department of Marketing AaltoUniversity School of Business, Thesis

Lee, H.H., Fiore, A.M., and Kim, J., 2006, The role of the technology acceptance model in explaining effects of image interactivity technology on consumer responses, International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 34, No. 8, pp. 621-644, Published by Emerald Group Publishing Limited 0959-0552.

Leng, G.S, Lada, S., Muhammad, M.Z., Ibrahim, A.A.H.A, and Amboala, T., 2011, An exploration of social networking sites (SNS) adoption in Malaysia using technology acceptance model (TAM), theory of p lanned behavior (TPB) and intrinsic motivation, Journal of Internet Banking and Commerce, Vol. 16, No. 2, Retrieved from http://www.arraydev.com/commerce/jibc/.

Mandilas, A., Karasavvoglou, A., Nikolaidis, M. and Tsourgiannis, T., 2013, Predicting consumer’s perceptions in on-line shopping, Procedia Technology 8, pp. 435–444, Published by Elsevier Ltd., Retrieved from www.sciencedirect.com

Olsen, M., Hedman, J., & Vatrapu, R. (2011). e-wallet Prototypes. International Conference on Design Science Research in Information Systems (pp. 223- 236). Berlin, Heidelberg: Springer.

Putri Kartika Candra (2020) â€Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen Mcdonald’s Sriwijayaâ€. Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, Vol 2 No.1 Maret 2020. Pranoto Dery (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Persero Tbk. Cabang Tenggarong). Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Rifai Agus (2015), Partial Least Square-Structual Equation Modeling (PLS-SEM) Untuk Mengukur Ekspektasi Penggunaan Repositori Lembaga (Pilot Studi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Jurnal Al-Maktabah Vol. 14 : 56-65.

Rajasa, M. A. (2021). Lima Dompet Digital Paling Banyak Digunakan selama Kuartal I. Media Indonesia.

Pranoto Dery (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Persero Tbk. Cabang Tenggarong). Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Saputra Muhammad Rizpai (2020) “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Kedai Zevin Tengggarong)â€. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Tampubolon Very Torganda dan Prabawani Bulan “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Manfaat Terhadap Penggunaan Aplikasi Pertamina Go Di Kota Semarang (Survey Pada Pengguna Apllikasi Pertamina Go Di Kota Semarang)â€.

Wallace, L. G., & Steven D. S. (2014). The Adoption of SoftwareMeasures: A Technology Acceptance Model (TAM) Perspective. Information and Management, 249-259.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11126

Refbacks



Copyright (c) 2022 Fazriansyah Fazriansyah, Nilam Anggar Sari, Mawardi Mawardi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen